Image

Puji Kinerja Kepolisian, LBH Masyarakat Juga Berharap Indra J Piliang Direhabilitasi

Fahmy Fotaleno, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 14 337 1776044 puji-kinerja-kepolisian-lbh-masyarakat-juga-berharap-indra-j-piliang-direhabilitasi-RaWexLS8L1.jpg Indra J Piliang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kabar cukup mengejutkan datang dari politikus Partai Golkar Indra Jaya Piliang (IJP). Ia diciduk malam hari oleh aparat Direktorat Reserse Narkotika Polda Metro Jaya di sebuah tempat karaoke di Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu, 13 September 2017.

Menanggapi hal tersebut, melalui siaran persnya, LBH Masyarakat memuji langkah penegak hukum yang langsung memberikan tes urin pada IJP. Tapi pihaknya juga mendorong terciptanya proses hukum yang ramah, humanis, serta akuntabel untuk pemakai narkotika termasuk untuk IJP.

"Selalu ada latar belakang mengapa seseorang mengonsumsi narkotika yakni faktor sosial, lingkungan, juga tekanan pekerjaan sebaiknya juga menjadi bagian dari asesmen yang dilakukan penegak hukum," ujar Yohan Misero, Analis Kebijakan Narkotika LBH Masyarakat , Jumat (15/9/2017).

Menurutnya, hukum pidana tidak sepatutnya dikedepankan dalam mengatasi persoalan pemakai narkotika. Apalagi, pasal 127 UU Narkotika meski tetap bermuatan pidana juga menyediakan opsi rehabilitasi bagi mereka yang dinilai punya masalah adiksi. Ketiadaan barang bukti dalam kasus ini juga seharusnya membuat Pasal 127 UU Narkotika menjadi satu-satunya pasal yang patut dikenakan pada IJP.

"Meski demikian, LBH Masyarakat juga berharap kasus ini dihentikan saja karena tidak memberikan nilai tambah apapun dalam upaya negara mengentaskan narkotika dalam skala besar," harapnya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini