nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Mendagri Portugal Mengundurkan Diri Setelah Kebakaran Dahsyat Melanda Negaranya

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 19 18 1798277 waduh-mendagri-portugal-mengundurkan-diri-setelah-kebakaran-dahsyat-melanda-negaranya-lGhtHoqpKD.jpg Kebakaran hutan di Portugal. (Foto: Reuters)

LISBON – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Portugal, Constança Urbano de Sousa, mengundurkan diri pada Rabu 18 Oktober 2017 waktu setempat. Ia resign setelah kebakaran hutan membunuh lebih dari 100 orang dalam empat bulan terakhir di Portugal.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Kamis (19/10/2017), langkah yang diambil Sousa dinilai tidak terlalu membuat tenang oposisi. Pasalnya, oposisi juga meminta Perdana Menteri (PM) Antonio Costa untuk mengundurkan diri.

Pengunduran diri Menteri Constança Urbano de Sousa diketahui berkaitan erat dengan kebakaran yang melanda daerah utara dan tengah Portugal sejak Minggu 15 Oktober 2017. Dalam kebakaran yang terjadi setelah musim panas terkering selama hampir 90 tahun itu, 41 orang tewas dan ratusan lainnya terluka. Dari seluruh korban tewas itu, empat orang meninggal saat kebakaran hutan di utara Spanyol.

BACA JUGA: 60 Hutan Kebakaran dalam Semalam di Portugal

Tak hanya kebakaran yang terjadi pada Minggu. Sebelumnya, wilayah Portugal juga dilanda kebakaran hutan yang menewaskan 64 orang. Bencana dahsyat itu terjadi pada Juni 2017.

Akibat kebakaran tersebut, pemerintah mendapat mosi tidak percaya. Pemerintah dinilai memberikan respons yang lambat dalam mengatasi kebakaran hutan. Tak hanya itu, mereka juga gagal mencegah jatuhnya korban jiwa dari bencana tersebut.

BACA JUGA: Korban Kebakaran Hutan Portugal Capai 62 Orang, Sebagian Besar Tewas Terpanggang di dalam Mobil

Meskipun mosi itu kemungkinan tak akan disahkan, posisi pemerintah telah melemah karena keributan publik mengenai kebakaran. Beberapa analis percaya bahwa perombakan kabinet bisa saja terjadi akibat respons warga tersebut.

Menghadapi situasi ini, PM Costa sebelumnya mengaku aman karena percaya dengan pemerintahannya. Namun, argumen tersebut terbantahkan setelah ia menerima surat pengunduran diri dari Menteri Dalam Negeri Constanca Urbano de Sousa.

"Meski tragedi ini diakibatkan oleh banyak faktor, saya tidak lagi memiliki kemampuan politik dan pribadi untuk tetap berada di posisi saya," kata Menteri Constança Urbano de Sousa dalam pernyataan pengunduran dirinya.

BACA JUGA: 9 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol

Kementerian yang ditangani Constança Urbano de Sousa memang bertanggung jawab atas petugas pemadam kebakaran dan badan perlindungan sipil negara. Oleh karena itu, baik Sousa ataupun Costa, mendapat kritik dari publik atas penangan kebakaran yang mereka lakukan.

Kebakaran yang melanda Portugal pada tahun ini memang begitu dahsyat. Sekira 520 ribu hektare lahan hangus terbakar. Jumlah lahan yang terbakar ini diketahui berdasarkan data dari Uni Eropa.

BACA JUGA: Bayi 1 Bulan Jadi Korban Kebakaran di Portugal, Lebih dari 40 Orang Tewas

Untuk menangani kebakaran tersebut, PM Costa berjanji akan melakukan reformasi guna memenuhi tantangan baru di masa depan. Ia menyalahkan kekeringan parah yang melanda Portugal telah memicu terjadinya kebakaran. Selain itu, pengabaian pengelolaan kawasan hutan selama puluhan tahun juga. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini