nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Kuliah Umum di UNM, Hary Tanoe: Kesuksesan Harus Diawali dengan Visi

Zulfikarnain, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 19 340 1798513 beri-kuliah-umum-di-unm-ht-kesuksesan-harus-diawali-dengan-visi-drHyV7XeJ3.jpg Foto: Zulfikarnain/Okezone

MAKASSAR - CEO MNC group Hary Tanoesoedibyo memberikan kuliah umum 'Kewirahusahaan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia' di Universitas Negeri Makasaar (UNM), Makassar, Kamis (19/10/2017).

Pada kesempatan itu, Hary Tanoe menjelaskan bahwa hidup itu harus diawali dengan visi. "Saya juga sama. Saya punya visi ingin punya usaha besar," kata Hary Tanoe di hadapan ratusan mahasiswa dan petinggi UNM.

Hary Tonoe pun berkisah, di masa kecilnya sempat menjadi pemuda yang tak punya visi. "Waktu itu SMA, saya belum punya visi, tapi waktu drop out, di situ saya berjuang dengan memiliki visi, Itu proses yang saya lalui, yaitu saya harus menyelesaikan sekolah. Yang tadinya berantakan, saya sekolah lagi, sampai lulus," tambahnya.

Dari titik itulah, ia berjuang menjadi pengusaha besar. Visi itu terus ia tanamkan, hingga sekolah dan kuliah bersungguh-sungguh. "Orang banyak mau berhasil, tapi tidak mau ikut prosesnya. Maka visi takkan bisa tercapai," paparnya.

Ia menambahakan, untuk berhasil juga harus memiliki kualitas dan kecepatan, selain dari visi. "Visi harus diimplementasikan dengan berkualitas. Jangan gampang menyerah, rajin, rendah hati, tidak melihat kesalahan orang. Dulu itu kalau saya ulang tahun, saya selalu melihat kekurangan saya," urainya.

"Kesimpulannya, sukses itu tidak semuanya diukur soal uang, profesi orang itu bisa macam-macam, saya ingin menggaris bawahi, apapun profesi kita, pastikan berkualitas, saya yakin dia akan maksimal dalam profesinya," kata HT.

"Sukses itu tidak mengenal usia, tidak bergantung latar belakang kita. Mau kaya atau dari miskin, tidak bergantung dengan kesuksesan kita," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini