nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima TKI Korban Kecelakaan di Penang, Tiba di Bandara Kualanamu

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 19:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 26 340 1803106 lima-tki-korban-kecelakaan-di-penang-tiba-di-bandara-kualanamu-vzD1RKTdb8.jpg Kecelakaan bus di Malaysia (Foto:News Strait Times)

MEDAN – Tujuh orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) meninggal dunia dalam tabrakan maut antara bus karyawan pabrik Sony dan Plexus di KM 47, Lebuh Utara Selatan, Penang, Malaysia, Selasa 24 Oktober 2017 lalu.

Dari tujuh TKI tersebut, empat diantaranya merupakan warga Sumatera Utara. Yakni Yeni (20), warga Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara; Serlia (21), warga Kecamatan Sirapit, Kabupaten Langkat, Sartika Pasaribu (20), warga Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara dan Faridah, warga Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Setelah menjalani sejumlah proses di Malaysia, keempat jenazah pahlawan devisa itu dipulangkan ke tanah air melalui Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang. Keempat jenazah itu bersama satu jenazah bernama Resni Tumangger (22), warga Lae Balno, Aceh Singkil, Provinsi Aceh, tiba di Bandara Kualanmau, Kamis (26/10/2017).

Pemulangan jenazah didamping petugas dari Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Malaysia bersama ‎pihak Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI). Setelah dilakukan serah terima jenazah, keluarga korban masing-masing membawa jenazah ke kampung halaman untuk disemayamkan.

Kepala BP3TKI Sumatera Utara, Sahrum mengatakan, pihak melakukan pemulangan jenazah sesuai dengan prosedur bekerjasama dengan Dubes RI di Malaysia dan pihak terkait.

Jenazah yang tiba terlebih dahulu yakni jenazah Yeni dan Sartika Pasaribu. Keduanya dibawa dengan pesawat milik maskapai Sriwijaya Air. Sementara, 3 jenazah lainnya, yakni Resni Tumangger, Serlia dan Faridah dibawa dengan pesawat milik maskapai Malaysia Airlines.

“Yang pertama tiba pukul 12.00 WIB tadi. Yang kedua tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Kelima jenazah itu kemudian langsung kita serahkan kepada anggota keluarga mereka untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing,”ujar Sahrum.

Sahrum lebih lanjut menegaskan, bahwa kelima jenazah yang dipulangkan melalui Sumatera Utara ini merupakan TKI yang legal denan dilengkapi dokumen keimigrasian untuk bekerja. Mereka bekerja di dua perusahaan, yakni Sony dan Plexus.

‎”Mereka tenaga kerja resmi yang datanya tercatat di kita,”tegasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini