nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UEA Bantah Kabar Reaktor Nuklirnya Disasar Rudal Houthi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 03 18 1824543 uea-bantah-kabar-reaktor-nuklirnya-disasar-rudal-houthi-k0qBLRoX87.jpg Bendera nasional Uni Emirat Arab (Foto: Arabian Business)

ABU DHABI – Milisi Houthi di Yaman mengklaim meluncurkan sebuah rudal penjelajah dengan target utama sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Namun, media-media UEA justru membantah dengan mengatakan tidak ada satu pun rudal yang masuk ke wilayahnya.

Milisi yang didukung Iran itu memang memusuhi UEA yang merupakan salah satu sekutu utama Arab Saudi. Sebagaimana diketahui, Arab Saudi adalah pemimpin utama pasukan koalisi yang menggempur Yaman untuk menyingkirkan Houthi.

“Pasukan rudal mengumumkan peluncuran rudal penjelajah bersayap menuju reaktor nuklir Al Barakah di Abu Dhabi,” bunyi artikel di situs resmi Houthi, mengutip dari Reuters, Senin (4/12/2017).

Reaktor nuklir Al Barakah merupakan proyek hasil kerjasama antara UEA dengan perusahaan energi Korea Electric Power Corporation (KEPCO) asal Korea Selatan (Korsel). Proyek tersebut sebenarnya baru akan selesai dan mulai beroperasi pada 2018.

Terang saja, kabar peluncuran rudal itu dibantah oleh Uni Emirat Arab. Kantor berita WAM melaporkan, tidak ada rudal apa pun yang diluncurkan dari Yaman yang menargetkan reaktor nuklir Al Barakah.

WAM menambahkan, UEA memiliki sebuah sistem pertahanan yang mampu menangkal segala bentuk ancaman rudal semacam itu. Proyek reaktor nuklir Al Barakah pun dinyatakan aman dari semua kemungkinan buruk yang terjadi.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini