Share

Menlu India Kunjungi Indonesia Pada 5 Januari

Griska Laras Widanti, · Kamis 04 Januari 2018 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 18 1840147 menlu-india-kunjungi-indonesia-pada-5-januari-s8kzNLzSqm.jpg Menlu India Sushama Swaraj. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) India, Sushama Swaraj akan berkunjung ke Indonesia pada 5 sampai 6 Januari untuk membahas kerjasama dengan Pemerintah Indonesia. Dalam kunjungan pertamanya pada 2018 ini, Susham akan bertemu dengan Menlu RI, Retno Marsudi untuk membahas kerjasama bilateral kedua negara dalam rapat koordinasi bersama di Jakarta.

Beberapa isu yang akan dibahas dalam pertemuan kedua menlu di antaranya adalah isu-isu di bawah cakupan strategic partnership. Isu kerjasama, ekonomi, politik dan sosial budaya juga termasuk dalam bidang-bidang yang akan menjadi perhatian dalam pembicaraan tersebut.

"Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara India-Indonesia terutama dalam bidang ekonomi dan masalah kawasan," jelas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, Kamis (4/1/2018).

Direktur Asia Selatan dan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Ferdy Piay mengatakan, dalam pertemuan antara Menlu Retno dan Sushma juga akan diangkat pembahasan mengenai regional architecture. Isu ini membahas bagaimana sebagai dua negara besar di kawasan Asia, Indonesia dan India memiliki legalitas untuk membahas bagaimana arsitektur di kawasan.

Hasil pertemuan ini akan mendorong beberapa kegiatan penting antara Indonesia dengan India seperti rencana digelarnya dialog keamanan mengenai keamanan siber dan kejahatan transnasional. Acara tersebut rencananya dilaksanakan pada 9 Januari dan akan dihadiri langsung oleh Menko Polhukam, Wiranto.

Agenda lain yang juga tak kalah penting adalah rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke India untuk menghadiri peringatan kemitraan ASEAN-India ke-25 pada 25 Januari mendatang. Presiden juga juga dijadwalkan hadir untuk menjadi tamu kehormatan pada Indian Republic Day yang digelar sehari setelahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini