nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buaya Raksasa Seberat 1 Ton di Seruyan Hebohkan Warga

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 10 340 1842989 buaya-raksasa-seberat-1-ton-di-seruyan-hebohkan-warga-azz7aPWCyw.jpg Penemuan buaya raksasa di Seruyan, Kalimantan Tengah (Foto: Sigit/MNC Media)

SERUYAN - Warga Desa Batu Agung, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah digegerkan atas penemuan buaya raksasa jenis Senyulong (Sapit) betina di dekat Sungai Mengkahing (anak Sungai Arut) Selasa 9 Januari lalu.

Buaya Senyulong dengan panjang 5 meter dan berat sekira 1.000 kilogram atau 1 ton ini diperkirakan berumur diatas 10 tahun (puluhan tahun).

“Awalnya kami mendapat kabar dari warga setempat menemukan buaya raksasa di pinggir sungai pada Selasa 9 Januari sore sekira pukul 16.00 WIB. Petugas pun langsung saya perintahkan ke sana untuk proses evakuasi,” ujar Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun di kantornya Rabu (10/1/2018).

Ia melanjutkan, Rabu pagi sekira pukul 04.00 WIB buaya raksasa ini tiba di BKSDA untuk segera dilakukan cek kesehatan. “Secara ukuran buaya ini cukup langka, biasanya beratnya hanya 500 kg tapi ini mencapai 1 ton. Ini termasuk tangkapan yang langka dan jarang ada,” ujar Agung.

Jika dilihat secara bentuk dan kasat mata buaya ini memang berkelamin betina. Saat ini tim dokter masih akan melakukan pengecekan secara menyeluruh supaya mengetahui kondisi buaya.

“Sementara ini masih sehat saja, tapi kita belum cek secara menyeluruh, rencananya akan kita rehabilitasi dulu di kolam besar, baru setelah dianggap sehat dan baik akan kita lepasliarkan ke SM Lamandau,” ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini