Perempuan di Arab Saudi Diizinkan Menonton Sepak Bola Langsung di Stadion

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 23:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 18 1844794 perempuan-di-arab-saudi-diizinkan-menonton-sepak-bola-langsung-di-stadion-zJUjRqk7NV.jpg Wanita di Arab Saudi yang hendak menonton sepak bola secara langsung di stadion. (Foto: Reuters)

JEDDAH - Setelah diizinkan mengemudi kendaraan, kini perempuan di Arab Saudi kembali mendapatkan angin segar. Mereka diperbolehkan untuk menonton sepak bola secara langsung di stadion.

Wanita dengan abaya hitam dan rompi oranye berdiri di gerbang di Stadion King Abdullah, menyambut para wanita yang menghadiri pertandingan sepak bola pria. Para perempuan hendak memberikan secara langsung dukungannya terhadap tim sepak bola favoritnya.

Otoritas Olahraga Umum mengumumkan pada Oktober 2017 bahwa stadion di Jeddah, Dammam, dan Riyadh akan dibentuk untuk mengakomodasi bagi penonton yang mengajak keluarganya dimulai pada 2018.

BACA JUGA: Mantap! Pangeran Mohammed: Arab Saudi Akan Kembali Jadi Negara Islam Moderat

"Jujur keputusan ini seharusnya sudah terjadi sejak lama. Tapi syukurlah itu datang pada waktu yang tepat, dan mudah-mudahan apa yang akan datang akan lebih indah lagi bagi wanita." kata salah seorang penonton sepak bola, Muneera al-Ghamdi, dilansir dari Reuters, Minggu (14/1/2018).

Keputusan untuk mengizinkan perempuan menghadiri acara olahraga campuran adalah salah satu dari banyak perubahan yang telah dialami negara ini dalam beberapa bulan terakhir, yang dipuji sebagai bukti kecenderungan progresif baru di Kerajaan Muslim yang sangat konservatif. Putra Mahkota Mohammed bin Salman, telah dipuji akan perubahan tersebut.

BACA JUGA: Arab Saudi Gelar Pameran Mobil Khusus untuk Perempuan

Mohammed bin Salman memang diketahui hendak menegakkan Islam yang moderatdi Arab Saudi. Ia ingin menyingkirkan paham garis keras dari Arab Saudi.

“Kami tidak akan menghabiskan 30 tahun kehidupan kami dalam menangani ide-ide yang merusak. Kami akan menghancurkannya hari ini,” tegas putra Raja Salman itu beberapa waktu yang lalu.

Pada Kamis 11 Januari, Jeddah mengadakan pameran mobil pertama di Arab Saudi yang ditujukan khusus wanita, beberapa bulan setelah Arab Saudi mengumumkan akan memberi mereka hak untuk mengemudi. Pameran mobil wanita ini fokus untuk memamerkan mobil hemat bahan bakar.

"Saya selalu tertarik dengan mobil, tapi kami tidak memiliki kemampuan untuk mengemudi. Dan sekarang (usai pencabutan larangan) saya sangat tertarik untuk membeli mobil dan saya berharap harganya tidak terlalu tinggi," tukas seorang pengunjung pameran, Ghada al-Ali.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini