Image

KPK Tetapkan Bupati Ngada Marianus Sae sebagai Tersangka Suap

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 337 1858190 kpk-tetapkan-bupati-ngada-marianus-sae-sebagai-tersangka-suap-13fkmtt7Mz.jpg Bupati Ngada saat tiba di Gedung KPK. (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), Marianus Sae sebagai tersangka.‎ Dia ditetapkan tersangka terkait kasus dugaan suap penerimaan suap proyek di lingkungan pemerintahannya.

Tak hanya Marianus, KPK juga menetapkan satu tersangka lainnya yang merupakan Direktur PT Sinar 99 Permai, Wilhelmius Iwan Ulumbu. Pengusaha tersebut diduga sebagai pihak pemberi suap untuk Marianus Sae.

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan serta menetapkan dua tersangka yakni, MSA (Marianus Sae) dan WIU ( Wilhelmus Iwan Ulumbu)," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan saat mengelagr jumpa pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

Diduga, suap yang diterima oleh Marianus Sae akan digunakan untuk biaya kampanye di Pilkada. Sebab, Marianus sudah mencalonkan diri maju sebagai Bakal Calon Gubernur NTT yang diusung oleh PDIP dan PKB.

(Baca jiuga: Kena OTT KPK, Bupati Ngada Marianus Sae Diduga Terima Fee dari Sejumlah Proyek)

"Diduga penerimaan suap tersebus terkait fee proyek yang kemudian digunakan MSA untuk biayai kampanye Pilkada," kata Basaria.

Atas perbuatannya Marianus disangkakan langgar Pasal 12 Huruf a atau Huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 20017.

Sedangkan Wilhelmus, disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) Huruf a atau Huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini