nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Donggala Kedapatan Buang Sampah ke Laut, Menteri Susi: Ayo Sebarkan!

Rizka Diputra, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 12:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 340 1859400 warga-donggala-kedapatan-buang-sampah-ke-laut-menteri-susi-ayo-sebarkan-kGAQA4Opcs.JPG Warga Donggala buang sampah ke laut (Foto: Twitter/@mozafemimoza)

PALU - Seorang warga Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah terekam kamera sedang membuang sampah ke laut. Dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @mozafemimoza itu terlihat ia dibantu rekannya menarik drum berisi seonggok sampah. Salah satu dari mereka lalu menyeret drum sampah secara perlahan baru kemudian dilarung ke laut.

Si pengunggah video menyebutkan jika peristiwa ini terjadi di kawasan wisata Donggala, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ironisnya, dalam rekaman video, meski disaksikan sejumlah warga, mereka sama sekali tidak berani menegur perilaku pencemaran laut itu. Pasalnya, di kawasan itu memang rawan aksi kriminal.

(Baca juga: Biaya ICU Rp15 Juta/Hari, Keluarga Pasien Korban Kecelakaan Curhat di Medsos)

"Jika ada yang nanya kenapa cuma direkam? Karena kalau ditegur agak berbahaya, daerahnya memang rawan, pernah kejadian orang hampir dikeroyok setelah menegur warga sekitar untuk tidak membuang sampah di situ, jadi tindakan menegur seperti itu cukup berisiko," cuit @mozafemimoza.

Meski demikian, menurutnya mendokumentasikan kejadian tersebut penting untuk dijadikan bukti apalagi lanjutnya, peristiwa itu akan dilaporkan ke Pemda untuk dicarikan solusinya dan ditindak tegas demi menjaga kebersihan laut.

"Kesadaran untuk tidak membuang sampah di laut ini, haruslah datang dari diri kita, tetapi juga ada peraturan daerah yang mengatur. Kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan laut agar tetap bersih juga penting. Sehingga bisa saling mengingatkan untuk sama-sama menjaga biota di laut," cuitnya lagi.

(Baca juga: Modus Pencurian Baru, Pria Berjaket Ojol Satroni Rumah lalu Bawa Kabur Motor)

Peristiwa yang terdokumentasikan melalui video milik Febryanto Kurniawan tersebut ternyata sudah sampai ke telinga Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ia pun bereaksi tegas atas tindakan warga yang sembrono itu.

"Ayo sebarkan sampai pemda menegur pemilik tempat wisata ini," tulis Menteri Susi via akun Twitter-nya, @susipudjiastuti pada Selasa 13 Februari 2018.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini