nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Detik-Detik Tim SAR Temukan Jasad Pendaki Asing di Gunung Merbabu

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 14:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 07 512 1883489 detik-detik-tim-sar-temukan-jasad-pendaki-asing-di-gunung-merbabu-7DHpxhIoQJ.jpg Tim SAR evakuasi pendaki asing Andrey Voytech (39) yang hilang di Gunung Merbabu, Sabtu (7/4/2018). (Foto: Dok Basarnas Jateng)

SEMARANG – Pencarian pendaki asing Andrey Voytech (39) yang hilang di Gunung Merbabu akhirnya membuahkan hasil setelah tujuh hari berjibaku di belantara. Korban ditemukan tak bernyawa di dasar sungai area Kalimenek, diduga akibat terjatuh dari ketinggian 13 meter.

Penemuan ini bermula saat SRU (search and rescue unit) 1 berjumlah sembilan personel yang bermalam di Pos 1 Pending. Pada pukul 07.00 WIB Sabtu (7/4/2018), mereka melanjutkan pencarian di aliran Sungai Kalimenek. Tim melakukan penyisiran dari bawah ke atas menyusuri sungai tersebut, hingga akhirnya menemukan jasad korban.

"Survivor kami temukan di area Kalimenek di aliran sungai dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 08.40 WIB. Korban diduga terjatuh dari ketinggian 13 meter," ungkap Kepala Basarnas Jateng Noer Isrodin Muchlisin, Sabtu (7/4/2018).

(Foto: Dok Basarnas Jateng)

Korban diduga mengalami benturan hebat karena jatuh dari ketinggian hingga di dasar sungai yang berbatu. Meski demikian, belum diketahui penyebab jatuh, akibat terpeleset, disorientasi karena hipotermia, atau lainnya.

"Untuk saat ini korban masih dalam proses evakuasi, dan selanjutnya akan dibawa ke RSU Salatiga melalui jalur Cuntel," jelasnya.

(Foto: Dok Basarnas Jateng)

Untuk mencari bule yang memiliki tiga paspor itu, dikerahkan 120 personel SAR gabungan. Mereka dibagi dalam enam Search and Rescue Unit (SRU). Keenam SRU disebar pada empat titik pencarian dari sekitar Pos 1 hingga Pos 2 pendakian.

Sekadar diketahui, Andrey Voytech dilaporkan hilang pada Sabtu 31 Maret oleh teman wanitanya, Sistha. Perempuan itu mendadak putus komunikasi setelah Andrey yang naik ke Gunung Merbabu pada Jumat 30 Maret pagi dan tidak juga kembali.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini