nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal USBN di Palembang Memuat Kata Seks Bebas

Mewan Haqulana , Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 20 340 1889578 soal-usbn-di-palembang-memuat-kata-seks-bebas-VhyWMysq2N.jpg Soal ujian bermuatan seks (Foto: Mewan/Okezone)

PALEMBANG - Dunia pendidikan kembali digemparkan dengan adanya kesalahan soal yang kali ini berbau pornografi. Fatalnya lagi soal tersebut terdapa dalam lembar USBN untuk tingkat SMP di Palembang.

Dalam soal ujian pilihan ganda yang terdapat pada nomor 25, muncul pertanyaan yang tak wajar dan terlalu fulgar yakni "Berdasarkan penelitian, tempat yang biasa dijadikan lokasi seks bebas adalah?" Poin jawaban dari pilihan ganda yang tertera rupanya dibuat sesuai dengan pertanyaan yakni jawaban A. Rumah, B Taman, C Mobil dan D Hotel.

Kepala dinas Pendidikan Kota Palembang, Widodo sendiri terkejut dengan adanya pertanyaan pilihan ganda yang ada dalam lembar ujian USBN untuk tingkat SMP tersebut.

"Kami akan lakukan investigasi dan kordinasi dengan pihak terkait, esensinya apa dari soal tersebut, pengetahuan tentang apa yang mau diuji terhadap pelajar melalui soal itu," katanya, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, tidak sekayaknya kata-kata seperti itu muncul dalam salam soal yang ujian. Apalagi disuguhkan pada pelajar yang masih belum cukup umur.

Dia melanjutkan, dinas Pendidikan Kota Palembang yang memiliki kewenangan terhadap pendidikan SMP harusnya lebih selektif dalam memasukkan soal USBN, pantas atau tidak untuk diujikan.

"Tiap soal yang dibuat harus ada parameter dan kompetensi sasaran bagi siswa. Karena sebagaian USBN dibuat oleh daerah. Tim Penyusun soal juga perlu dilatih dan diawasi atas kualitas soal sebelum digunakan untuk menjaga hal-hal seperti ini terjadi," katanya.

Dia berharap kejadian seperti ini, tidak terjadi lagi di Sumatra Selatan. "Kami akan kordonasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/kota se Sumsel," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini