nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Waktu dan Lokasi Pertemuan dengan Kim Jong-un Telah Ditetapkan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 05 Mei 2018 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 05 18 1894791 trump-waktu-dan-lokasi-pertemuan-dengan-kim-jong-un-telah-ditetapkan-G8UsjNe4Sq.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa waktu dan lokasi pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un sudah ditetapkan. Gedung Putih menyatakan, pertemuan yang dinantikan itu dapat terjadi dalam beberapa pekan mendatang.

Zona demiliterisasi dan Singapura menjadi dua lokasi yang kemungkinan menjadi pilihan utama bagi Washington untuk menggelar pertemuan puncak tersebut. Trump pekan ini mengatakan bahwa dia lebih memilih zona demiliterisasi meski juga menyebut Singapura sebagai lokasi yang mungkin digunakan.

BACA JUGA: Trump: Kim Jong-un Adalah Orang yang Sangat Terhormat

Gedung Perdamaian di zona demiliterisasi sebelumnya telah menjadi lokasi pertemuan tingkat tinggi (KTT) antar-Korea antara Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dengan Kim Jong-un. Demikian diwartakan Reuters, Sabtu (5/5/2018).

Washington mengumumkan bahwa Trump akan menjadi menerima kunjungan Moon Jae-in di Gedung Putih pada 22 Mei. Pembicaraan keduanya akan ditujukan untuk memperlihatkan eratnya persekutuan Amerika Serikat-Korea Selatan sebelum pertemuan Trump dengan Kim.

Di antara isu yang mungkin menjadi hambatan dalam pembicaraan antara Kim dan Trump salah satunya adalah permintaan Pyongyang agar pasukan Amerika Serikat ditarik dari Korea Selatan.

Mengenai hal ini, Trump tidak memberikan komentar secara detail meski dia mengatakan ingin menghemat uang di masa depan, yang mungkin berkaitan dengan biaya penempatan pasukan Amerika Serikat di Negeri Ginseng.

BACA JUGA: Thailand Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Trump dengan Kim Jong-un

Isu lainnya yang juga menjadi perhatian adalah mengenai tiga warga Amerika Serikat yang saat ini ditahan di penjara Korea Utara. Kepada reporter, Trump mengatakan telah melakukan sejumlah aktivitas dengan Korea Utara mengenai masalah ini.

“Kami melakukan pembicaraan yang sangat substantif dengan Korea Utara dan banyak hal telah terjadi sehubungan dengan sandera (warga Amerika Serikat). Saya pikir Anda akan melihat hal-hal yang sangat baik, ” ujar Trump.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini