Pertemuan Trump dan Kim Batal, Korsel Janji Tetap Berdamai dengan Korut

Inews, · Jum'at 25 Mei 2018 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 25 18 1902857 pertemuan-trump-dan-kim-batal-korsel-janji-tetap-berdamai-dengan-korut-K7Ju3nzbYE.jpg Donald Trump dan Kim Jong-un (Foto: Reuters)

SEOUL – Menteri Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Cho Myoung Gyon memastikan negaranya akan terus meningkatkan hubungan dengan Korea Utara (Korut), meski Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba-tiba membatalkan pertemuan puncak dengan Kim Jong Un.

Korsel berjanji akan tetap mengupayakan denuklirisasi di Semenanjung Korea seperti yang sudah disepakati bersama saat Presiden Moon Jae In dan Kim bertemu di Panmunjom pada bulan lalu.

"Pemerintah kami akan melakukan bagiannya dalam melaksanakan Deklarasi Panmunjom. Tampaknya (Korut) tetap tulus dalam melaksanakan perjanjian dan melakukan upaya denuklirisasi dan pembangunan perdamaian," kata Cho, seperti dilaporkan AFP, Jumat (25/5/2018).

Kim Jong Un (Foto : Reuters)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sudah menghubungi mitranya di Kementerian Luar Negeri Korsel, Kang Kyung Wha, pada Jumat pagi. Pompeo mendesak kedua negara tetap melanjutkan upaya menciptakan kondisi yang tepat untuk menggelar pembicaraan dengan Korut.

(Baca Juga : Pertemuan Trump-Kim Batal, Korut Nyatakan Tetap Siap Berunding dengan AS)

Sebelumnya, Presiden Donald Trump membatalkan pertemuan dengan Kim Jong Un, Kamis (24/5). Melalui akun Twitter-nya, Trump mengunggah surat terbuka kepada Kim untuk mengumumkan pembatalan pertemuan yang sedianya digelar di Singapura pada 12 Juni.

(Baca Juga : Presiden Trump Batal Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un)

Trump menyebut, pertemuan itu sebenarnya tidak perlu dan tetap akan merugikan dunia. Dia juga menyebut alasan pembatalan, salah satunya Korut melancarkan perselisihan terbuka dengan AS.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini