nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Dalam Surat Edaran Zakat Tidak Ada Target Rp1 Juta

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 04 338 1906193 anies-dalam-surat-edaran-zakat-tidak-ada-target-rp1-juta-7jaX7sq21l.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku telah mengeluarkan surat edaran kepada setiap jajarannya untuk menyalurkan Zakat Fitrah melalui Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (Bazis).

"Jadi pagi ini semuanya dipanggil, jelas edaran dari gubernur menganjurkan untuk menyalurkan zakat fitrah melalui Bazis," katanya, Senin (4/6/2018).

Anies

Namun Anies membantah dalam surat edarannya itu adanya target dalam setiap penyaluran Zakat Fitrah dari setiap jajarannya.

Sebelumnya dikabarkan adanya surat edaran nominal zakat Rp1 juta dari RT/RW. Kabar inipun ditampik tegas oleh mantan Mendikbud ini.

"Tapi Anda lihat sendiri dalam edarannya tidak ada angka nominal apalagi target," ucapnya.

Menurut Anies, zakat merupakan kewajiban umat Islam yang sudah ditentukan oleh syariat. Pemerintah Provinsi, lanjut Anies, hanya memberikan fasilitas atas penyaluran zakat tersebut.

"Ini adalah kewajiban seorang muslim yang sudah memenuhi syarat-syarat. Ini bukan kewajiban dari gubernur, ini kewajibannya perintah dari agama, karena itu pemerintah memfasilitasi tetapi bukan kemudian diberikan dan lain-lain, jadi nanti akan dikoreksi," tutupnya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini