nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Bandung Ada TPS Unik Bertema Toleransi Umat Beragama

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 27 525 1914576 di-bandung-ada-tps-unik-bertema-toleransi-umat-beragama-ubX2rYNAJM.jpg TPS Toleransi Antar-Umat Beragama di Kota Bandung. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Pemandangan berbeda terlihat di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandung, Jawa Barat. Di TPS 03 yang berlokasi di Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, ini memilih menerapkan tema 'Toleransi Antar-Umat Beragama'.

TPS yang memiliki 269 pemilih tetap itu berlokasi di tengah lokasi peribadatan, masjid, wihara, dan gereja. Panitia KPPS pun mengenakan seragam bertema pakaian tradisional Sunda, Jawa, hingga Mandarin. Wilayah tersebut kerap disebut Kampung Toleransi, sehingga tempat pencoblosan di sana dinamakan 'TPS Toleransi'.

Mulai panitia hingga dengan warga juga mengenakan berbagai kostum, di antaranya pakaian adat Sunda dan pakaian tradisional Mandarin. Dalam dekorasinya, TPS juga digambar mural dan di bagian atas jalannya dipasangi ornamen payung.

Keunikan ini ternyata menarik perhatian Wakapolda Jawa Barat Brigjen Supratman, Pangdam III Siliwangi Mayjen Besar Harto Karyawan, Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo, serta Dandim Kolonel Alfin Dahlan. Mereka meninjau TPS Toleransi tersebut.

Mayjen Besar Harto mengapresiasi TPS Toleransi karena dinilai sesuatu yang baik dan invoasi yang bagus. "Satu hal di situ ada TPS Toleransi. Perbauran umat beragama yang bagus," kata Besar saat mengunjungi TPS tersebut, Rabu (27/6/2018).

Salah seorang warga, Abah Taufik (56), menyebut TPS ini sangat bagus. Alasannya, memberikan potret berbeda hingga membuat warga lain mendatangi TPS tersebut.

"Ini menarik ya, hiasannya juga banyak. Dalamnya juga temanya kerukunan beragama," jelas dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini