2.467 Surat Suara di Cirebon yang Hilang Ternyata Ikut Dimusnahkan

Dwi Ayu Artantiani , Okezone · Jum'at 29 Juni 2018 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 29 525 1915641 2-467-surat-suara-di-cirebon-yang-hilang-ternyata-ikut-dimusnahkan-kTgxqa3DvN.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

CIREBON - Sebanyak 2.467 surat suara di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang hilang ternyata ikut dimusnahkan pada saat pemusnahan surat suara berlebih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli mengungkapkan pihaknya mengakui adanya kesalahan prosedur dalam pendistribusian logistik sehingga surat suara tersebut ikut dimusnahkan.

Berdasarkan hasil audit bersama Polres Cirebon, tidak ada surat suara yang hilang. Yang ada adalah kesalahan prosedur administrasi dan kesalahan manusia, sehingga surat suara untuk Desa Danamulya tidak sampai.

"Surat suara itu ternyata tercampur dengan surat suara berlebih yang sudah dimusnahkan pada Selasa, 26 Juni 2018 malam. Atas nama institusi, kami meminta maaf,” ungkapnya, Jumat (29/6/2018).

Foto/Okezone 

Ia menuturkan distribusi logistik telah dilakukan sejak Sabtu, 23 Juni 2018. Akan tetapi distribusi tidak terawasi dan terkoordinasi dengan baik

Akibat kecerobohan itu surat suara untuk Desa Danamulya belum terkirim. Saefudin berjanji akan melakukan evaluasi internal terkait tata kerja.

"Kami akan evaluasi dari komisioner, anggota sampai ke PPK,” ujarnya.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menambahkan, kasus hilangnya surat suara merupakan masalah internal KPU. “Kalau ternyata ada unsur kesengajaan dan pidana akan kami pelajari,” tambahnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini