nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekapitulasi KPU, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Menang di Pilgub Jabar 2018

Oris Riswan, Jurnalis · Minggu 08 Juli 2018 18:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 08 525 1919594 rekapitulasi-kpu-ridwan-kamil-uu-ruzhanul-menang-di-pilgub-jabar-2018-EfP9XlMD5q.jpg Rekapitulasi Pilgub Jabar. (Foto: Oris Riswan

BANDUNG - Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapatkan suara terbanyak pada Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018. Hal itu berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan KPU Jawa Barat di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (8/7/2018).

Rindu meraih 7.226.254 suara atau 32,88 persen. Pasangan nomor urut dua, Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) mendapatkan 2.773.078 suara atau 12,62 persen.

Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) mendapatkan 6.317.465 suara atau 28,74 persen. Sedangkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi meraih 5.663.198 suara atau 25,77 persen.

Sementara secara umum, partisipasi pemilih di Pilgub Jawa Barat 2018 mengalami peningkatan. Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih mencapai 22.724.333 atau sekira 72 pesen dari keseluruhan daftar pemilih tetap (DPT).

Atas hasil itu, pasangan Rindu besar kemungkinan tidak akan berubah. Sebab, ruang untuk mengajukan gugatan atas hasil pilgub terbilang sempit.

Sebab, gugatan atas hasil hanya bisa dilakukan jika hasil antara pemenang dan calon di bawahnya berselisih maksimal 0,5 persen. Sedangkan pasangan Rindu dan Asyik selisihnya mencapai 4,1 persen.

"Harusnya kan setengah persen. Jadi, saya kira tidak bisa melakukan gugatan. Meskipun mendaftarkan gugatan, kemungkinan besar 99 persen akan ditolak," ujar Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat.

Meski begitu, KPU Jawa Barat memberi waktu bagi pasangan atau tim kampanye untuk mendaftarkan gugatan ke MK maksimal dalam sepekan ke depan. Selanjutnya, KPU Jawa Barat akan melakukan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Yayat mengatakan, secara umum tidak ada yang protes atas hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU. Kalaupun ada, itu hanya berupa catatan agar pelaksanaan pilkada berikutnya bisa lebih baik.

"Saya kira tidak ada yang melakukan komplain perbedaan perolehan suara, mereka hanya memberikan catatan saja untuk dijadikan bahan evaluasi buat kita," jelas Yayat.

Secara umum, para tim kampanye juga tidak mempersoalkan hasil pilgub. Denny yang mewakili tim Deddy-Dedi mengatakan pilgub sudah selesai. Saat ini saatnya semua kembali bersatu untuk membangun Jawa Barat. Hasil Hitung Cepat Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum Unggul  dalam Pilkada Jawa Barat 2018

"Permainan sudah selesai. Mari kita mendukung Jabar Juara menjadi kenyataan," ucap Denny.

Sementara Otang Suparlan yang mewakili tim kampanye Asyik memberi catatan soal penurunan jumlah DPT pada pilgub tahun ini dibanding 2013. Ia meminta DPT pada Pemilu 2019 mendatang dipastikan tidak bermasalah. "Data ini harus dipastikan, terutama menjelang pemilu serentak 2019," pinta Otang.

Dwi Putro yang mewakili tim kampanye Hasanah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas pelaksanaan pilgub yang aman dan lancar. Secara khusus, ia juga berterima kasih kepada warga yang menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, Sidkon Djampi yang mewakili tim kampanye Rindu juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas suksesnya pilgub. "Kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada KPU kabupaten/kota dan provinsi yang sudah bekerja keras selama ini," tuturnya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto juga turut menyampaikan apresiasi. Selain aman dan tertib, tingginya prosentase yang menggunakan hak pilih mendapat aplaus tersendiri.

"Di tengah-tengah dinamika arus mudik dan balik serta sepakbola Piala Dunia, masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dengan cerdas," tandas Agung.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini