Kotak Suara Dibuka Secara Ilegal, Sejumlah Kelurahan di Cirebon Bakal Lakukan Pemilihan Ulang

Dwi Ayu Artantiani , Okezone · Jum'at 29 Juni 2018 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 29 525 1915710 kotak-suara-dibuka-secara-ilegal-sejumlah-kelurahan-di-cirebon-bakal-lakukan-pemilihan-ulang-3tcrKwj2Pg.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

CIREBON - Temuan dugaan pelanggaran oleh Panitia Pengawas Pemilu Kota Cirebon terkait pembukaan puluhan kotak suara secara ilega, nampaknya akan dilakukan pemilihan ulang.

Anggota Panwaslu Kota Cirebon Mohamad Joharudin mengaku pihaknya menemukan pembukaan 19 kotak suara secara ilegal di Kelurahan Kesenden. Padahal,dalam Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018, kotak suara dibuka di Panitia Pemilihan Kecamatan.

"Apapun alasannya, kotak suara yang dibuka secara ilegal telah menyalahi prosedur administrasi Pilkada. Kami juga menerima laporan serupa di kecamatan Harjamukti, Pekalipan, dan Lemahwungkuk. Kami masih mengecek jumlah total kotak suara yang dibuka," terangnya, Jumat (29/6/2018).

(Baca Juga: 42 Kotak Suara di Kota Cirebon Segelnya Dibuka oleh PPS)

Dia juga menerima laporan kotak suara di dua TPS di Kelurahan Drajat yang tidak dikunci. Berdasarkan Pasal 59 ayat 2a PKPU nomor 8/2018, jika satu kotak suara atau lebih dibuka di luar ketentuan maka akan dilakukan pemilihan ulang di TPS tersebut.

"Kami saat ini sedang rapat bersama panwascam untuk menentukan rekomendasi terkait kasus tersebut. Rekomendasi ditargetkan keluar hari ini dan diberikan kepada penyelenggara pilkada, yakni KPU," katanya.

Pihaknya tidak memberikan instruksi agar kotak suara dibawa dan dibuka di kelurahan. "Kami juga tidak bisa menghentikan proses penghitungan suara karena itu menggagalkan tahapan pilkada," pungkasnya.

(Baca Juga: 2.467 Surat Suara di Cirebon yang Hilang Ternyata Ikut Dimusnahkan)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini