nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jonan Minta Pemda Terus Sosialisasikan Kondisi Gunung Agung ke Warga

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 08:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 06 340 1918674 jonan-minta-pemda-terus-sosialisasikan-kondisi-gunung-agung-ke-warga-QbU4VwIlsA.jpg Menteri ESDM Ignasius Jonan melihat kondisi terkini Gunung Agung. (Foto: Antara)

KARANGASEM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta kepada Pemerintah Kabupaten dan Dandim Karangasem untuk selalu menyosialisasikan kondisi terkini Gunung Agung. Pemberitahuan tersebut diimbau terus diberikan kepada warga setempat yang terdampak erupsi.

"Kami ini sudah diskusi dengan pemerintah dengan Dandim bahwa ada sosialisasi bersama terkait kondisi Gunung Agung. Kita akan sosialisasi dan dijelaskan potensinya apa. Sebenarnya sudah disosialisaikan, tapi ini untuk diperbanyak," kata Jonan di Karangasem, Kamis 5 Juli 2018.

Dia menerangkan, pada dasarnya ini lebih banyak terkait kekhawatiran dan ketakutan, kalau dijelaskan potensinya apa saja supaya bisa dipahami warga.

Jonan menegaskan, pemerintah daerah, Satuan Tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Tim Vulkanologi Kementerian ESDM diminta menjelaskan kepada masyarakat supaya informasinya proposional tentang kondisi Gunung Agung.

"Sampai saat ini tidak ada perluasan radius. Gunungnya cuma bisa dipelajari pergerakanya, arahnya ke mana. Dilihat akan ada erupsi terus-menerus, tapi kecil-kecil," paparnya.

Jumlah pengungsi Gunung Agung sendiri saat ini diketahui mencapai 4.855 orang yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem dan Gianyar.

Jonan mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya di luar radius bahaya 4 kilometer dari puncak Gunung Agung bisa kembali dan tidak mengungsi.

"Kami mengimbau masyarakat di luar radius bisa kembali. Mungkin terdengar suara gemuruh," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini