nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Gunung Agung Terbakar, Api Merambat Hanguskan Pura Bersejarah di Bali

Minggu 06 Oktober 2019 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 06 244 2113495 hutan-gunung-agung-terbakar-api-merambat-hanguskan-pura-bersejarah-di-bali-n7gyWOpNhA.jpg Terbakarnya hutan Gunung Agung ikut menghanguskan Pura bersejarah di Bali (Foto: iNews)

DENPASAR - Sebuah pura bersejarah di wilayah Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, terbakar. Rumah ibadah umat Hindu itu hangus dilahap api yang bersumber dari kebakaran hutan di sekitar lokasi tersebut.

Kebakaran di Dusun Pucang, Desa Ban, Kecamatan Kubu ini terjadi sejak Jumat 4 Oktober 2019 hingga Sabtu 5 Oktober 2019. Api yang sulit dikendalikan merambat hingga ke Pura Dukuh Bujangga Sakti.

"Pura ini merupakan peninggalan sejarah leluhur," kata Kepala Dusun Pucang, Ida Bhawati Sari, kepada wartawan di Kabupaten Karangasem, Bali seperti dikutip dari iNews, Minggu (6/10/2019).

Baca Juga: Gunung Agung Erupsi, Ketinggian Kolom Abu Capai 1.000 Meter 

Menurut dia, pura tersebut sama seperti sejumlah peninggalan sejarah lain, seperti Meru Tumpang, Balai Pesamuhan, Padmasana, dan lainnya. Warga tentunya berduka begitu tahu pura tersebut hangus terbakar.

Sejumlah warga tampak mendatangi lokasi kebakaran dan mengumpulkan benda-benda prasasti yang masih layak. Mereka berharap, pemerintah bisa membangun kembali pura bersejarah itu.

"Warga masih banyak yang sembahyang di sini. Kami harap bisa dibangun ulang," ujar seorang warga, Wayan Sisa.

 Ilustrasi

Jero Dukuh, Komang Diarmara mengatakan, kawasan Kubu merupakan daerah zona KRB III Gunung Agung. Kebakaran hutan tahun ini disebut yang paling parah, karena mencapai 60 hektare hutan lindung dilahap api.

"Kebun warga juga terbakar, termasuk pura bersejarah itu," ujar dia.

Hingga saat ini, BPBD Karangasem belum mengambil tindakan pemadaman, karena lokasinya ada di puncak gunung, sehingga sulit dijangkau. Sedangkan warga berupaya memadamkan api dengan menimbun tanah dan pasir.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini