18 Penyelam Dikirimkan Dalam Operasi Penyelamatan Remaja yang Terjebak di Gua Thailand

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 08 Juli 2018 14:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 08 18 1919539 18-penyelam-dikirimkan-dalam-operasi-penyelamatan-remaja-yang-terjebak-di-gua-thailand-ma6D8ZN2HT.jpg Foto: AFP.

CHIANG RAI – Upaya penyelamatan 12 remaja dan pelatih sepakbola mereka yang terjebak dari dalam gua di Thailand dimulai kembali pada Minggu, 8 Juli. Tim penyelamat mengirimkan 18 penyelam ke dalam Gua Tham Luang untuk mengeluarkan pada korban.

Para penyelam yang terdiri dari 13 penyelam internasional dan lima penyelam Thailand dilaporkan masuk ke gua sekira pukul 10 pagi waktu setempat. Mereka diharapkan dapat membawa keluar para remaja dan pelatihnya tersebut paling cepat pukul 9 malam waktu setempat.

"Hari ini adalah puncak kesiapan kita," kata Pemimpin operasi penyelamatan Narongsak Osottanakorn dalam konferensi pers yang dilansir Straits Times, Minggu (8/7/2018).

“Semuanya sudah siap. Anak-anak sudah siap dan mau keluar. Para dokter dan tenaga medis sudah siap. Orang tua sudah siap, ” kata Narongsak.

BACA JUGA: Penyelamatan Belasan Remaja di Gua Thailand Terhambat Banjir

Mantan gubernur provinsi itu tidak mengonfirmasi apakah anak-anak itu dan pelatih mereka perlu menyelam keluar dari gua seperti yang sebelumnya diperkirakan. Dia mengatakan, Minggu ini merupakan hari terbaik untuk melakukan upaya penyelamatan karena sebagian besar jalan menuju lokasi terjebaknya para korban bisa dijelajahi dengan berjalan kaki.

Ke-12 anak dan pelatih sepak bolanya - serta keluarga mereka - telah diinformasikan tentang misi penyelamatan ini.

Seorang dokter dari Australia pada Sabtu malam memeriksa anak-anak memberi lampu hijau untuk upaya penyelamatan. Tim medis siap untuk mengobati kelompok ketika mereka keluar dari gua.

Narongsak mengatakan, anak-anak itu paling cepat diperkirakan akan keluar dari gua pada Minggu sekira pukul 9 malam. Hal ini dikarenakan perjalanan panjang dari pintu masuk gua ke lokasi di mana mereka terjebak. Dia juga mengatakan bahwa tidak ada jaminan operasi penyelamatan itu akan selesai pada Minggu.

BACA JUGA: Seorang Penyelam Tewas dalam Upaya Penyelamatan Belasan Remaja dari Gua Thailand

Berdasarkan keterangan seorang juru bicara angkatan bersenjata pada konferensi pers, operasi penyelamatan dapat menghabiskan tiga sampai empat hari bergantung pada cuaca. Bangkok Post melaporkan, operasi penyelamatan akan dimulai dengan evakuasi empat anak terlebih dahulu.

Para remaja yang berusia 11 sampai 16 tahun dan pelatih sepakbola mereka yang berusia 25 tahun terjebak di Gua Tham Luang saat melakukan penjelajahan pada Sabtu, 23 Juni. Upaya penyelamatan besar-besaran segera diluncurkan setelah mereka ditemukan pekan lalu.

Pada Jumat, seorang penyelam sukarelawan yang membantu dalam upaya penyelamatan meninggal dunia karena kehabisan oksigen saat menyelam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini