nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nurdin Abdullah Resmi Jadi Gubernur Sulsel, Sumarsono Beres-Beres Rumah Dinas

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 16:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 05 340 1946412 nurdin-abdullah-resmi-jadi-gubernur-sulsel-sumarsono-beres-beres-rumah-dinas-46G3LAJo41.jpg Sumarsono saat menghadiri pelantikan Nurdin Abdullah

MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono dan istri Tri Rachayu akan meninggalkan rumah jabatan seiring jabatan Sumarsono berakhir pada 5 September 2018.

Terlihat Tri dibantu oleh ajudan dan juga bagian rumah tangga telah mengemas barang-barang pribadi ke dalam kardus untuk seperti badik, foto dan piagam penghargaan untuk dikirim ke Jakarta, dimana mereka berdomisili.

"Saya mengepak-ngepak barang, saya cepat pulang dari Jakarta karena diminta Pak Soni untuk bantu-bantu Ibu Tri, kami mengepak barang sesegera mungkin," kata Staf Khusus Soni Sumarsono, Ferry Rende, melalui pesan tertulisnya kepada Okezone di Makassar Rabu (5/9/2018).

Selanjutnya, usai pelantikan Sumarsono dan istri masih akan menghadiri beberapa acara, tetapi tidak sebagai pejabat lagi. Selanjutnya mereka akan menginap di salah satu hotel.

"Selanjutnya hak Pak NA dan keluarga untuk masuk, terhitung sejak pelantikan sudah bisa mereka menghuni," sebutnya.

Ferry menyebutkan barang yang dikemas hanya barang pribadi atau hadiah yang diberikan. "Sebagaimana Pak Soni masuk, begitu juga saat keluar, tidak ada satupun barang dikeluarkan," ujar Ferry.

Ia mengatakan, Sumarsono tentu suatu saat akan kangen dengan Rujab ini, terutama yang menjadi favoritnya seperti, taman Lakipadada dan halaman depan rujab.

"Taman Lakipadada, dia juga suka burung dan ayam, karena kompleks Rujabnya asri," ujarnya.

Sementara itu, Sumarsono yang juga merupakan Dirjen Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri telah berada di Jakarta untuk persiapan acara pelantikan.

Staf Khusus Sumarsono, Ferry Rende mengatakan bahwa Sumarsono telah berada di Jakarta sejak dua hari lalu. "Sejak hari Minggu, besok tanggal lima malam akan balik atau tanggal enam pagi," kata Ferry, Selasa (4/8).

Disebutkannya, sebagai Dirjen Otda, Sumarsono sedang mempersiapkan semua administasi kelengkapan surat-surat keputusan Presiden untuk para gubernur dan surat keputusan Menteri Dalam Negeri untuk para bupati dan wali kota terpilih untuk dilantik.

Adapun untuk pelantikan kali ini untuk gubernur terpilih dari Sumateria Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTT, Kalbar, Sultra, Sulsel dan Papua. Pelantikan akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, namun diawali dengan prosesi gladi pada pukul 07.30 WIB.

Adapun unsur yang diundang yakni, gubernur dan wakil gubernur terpilih, istri dan tiga orang anggota keluarga, penjabat gubernur, Pangdam, Kapolda, Kejati, Ketua DPRD Provinsi, Ketua KPU Provinsi, Ketua Bawaslu Provinsi dan Sekda Provonsi masing-masing daerah yang dilantik.

Untuk sertijab dilaksanakan di ibu Kota provinsi, yang dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi gubernur pada rapat paripurna DPRD.

"Untuk pelantikan bupati dan wali kota, selambat-lambatnya pada bulan September 2018. Tanggalnya masing-masing diserahkan pada Gubernur," sebut Ferry.

Sumarsono juga akan meyambut Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan (Gubernuran) di Jalan Sungai Tangka No. 1 Makassar, Kamis (6/8) di siang harinya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini