nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Minta TNI-Polri Segera Bergerak Bebaskan 2 Nelayan Diculik di Malaysia

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 06:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 12 337 1949208 dpr-minta-tni-polri-segera-bergerak-bebaskan-2-nelayan-diculik-di-malaysia-PMu3UidYYA.jpg DPR (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mendesak agar pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Polri dan TNI segera menyelamatkan dua nelayan asal Indonesia yang dikabarkan diculik perairan Semporna, Sabah, Malaysia.

"Bila memang sudah positif teridentifikasi itu nelayan Indonesia, pemerintah segera berkoordinasi antara Kemenlu, TNI dan Polri untuk segera melakukan upaya penyelamatan, khususnya dari skema kidnap ransom teroris internasional," kata Bobby kepada Okezone, Rabu (12/9/2018).

Menurut Bobby, hingga kini belum ada pernyataan resmi darin pihak pemerintah Indonesia maupun Malaysia prihal nasib kedua nelayan asal Indonesia tersebut. Pemerintah diminta sigap menyikapi peristiwa tersebut.

"Kami masih belum mendapat informasi, kenapa 2 nelayan asal Indonesia bisa ditangkap di perairan Malaysia, apakah dengan kapal Indonesia atau Malaysia," pungkas politikus Golkar itu.

 Ilustrasi penculikan

Sebelumnya diberitakan, dua nelayan itu diculik saat berlabuh di dermaga Pulau Gaya, di perairan Semporna pada Selasa 11 September kemarin. Awalnya, pada pukul 01.00 dini hari, salah satu awak kapal mendengar suara mesin perahu pompa yang mendekat, tak lama kemudian, pasokan listrik kapal yang ditumpanginya putus.

Dua awak kapal kemudian bersembunyi di kompartemen perahun dan melihat dua pria bersenjata mengenakan topeng dan pakaian warna gelap. Kedua pria bersenjata itu berbicara dengan dialeg Suluk dan kemudian masuk ke dalam kapal dan menculik dua rekannya.

Kalau dari info 2 rekannya, penangkapan itu terjadi pada jam malam yang diberlakukan sudah 4 tahun di daerah Sabah itu, apakah nelayan Indonesia tsb mengetahui hal tsb sblm nya.

Ketiga, bila memang sdh positif teridentifikasi itu Nelayan Indonesia, pemerintah Indonesia segera berkoordinasi antara Kemenlu, TNI dan POLRI u/ segera melakukan upaya penyelamatan warga Indonesia di LN, khusus nya dr skema kidnap ransom Teroris Internasional.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini