nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringatan HUT Ke-73 TNI di Sabang, Kowal Cantik Bertugas Bawa Bendera

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 20:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 28 340 1957134 peringatan-hut-ke-73-tni-di-sabang-kowal-cantik-bertugas-bawa-bendera-kyCDCzXyC5.jpg Anggota Kowal ditugaskan membawa bendera dalam peringatan HUT ke-73 TNI di Sabang. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

SABANG – Pawai bendera dalam rangka memeringati hari ulang tahun (HUT) ke-73 TNI secara resmi telah dimulai. Hal itu ditandai dengan upacara di Tugu Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh, yang dipimpin Danrem 012/TU Kolonel Aswardi selaku inspektur upacara.

Salah satu hal yang menarik perhatian adalah keberadaan perempuan tentara yang bertugas sebagai pembawa bendera merah putih. Tentara tersebut adalah Serda Bah Ririn Pujiastuti, anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang juga meraih medali perak di cabang olahraga perahu naga saat Asian Games XVIII/2018. Ia turut didampingi sejumlah prajurit TNI dari tiga matra.

(Baca juga: Sambut HUT Ke-73, TNI Gelar Pawai Bendera dari Sabang hingga Merauke)

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi kegiatan, setelah upacara dilakukan, bendera awal diambil oleh perwakilan dari Mabes TNI, Pabanda Dalops Spaban IV/Ops Sops TNI, Mayor Infantri Samuel Loilewen. Kemudian bendera diserahkan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang Muhammad Nasir.

Bendera kemudian diserahkan kepada Danrem 012/TU Kolonel Aswardi dan diberikan ke Serda Bah Ririn untuk kemudian diarak ke Kota Sabang dengan menggunakan kendaraan taktis Batalion Infanteri Rider 112/DJ secara konvoi dengan pengawalan kepolisian.

Meski jalur perjalanan berbukit, Serda Ririn tetap gagah berdiri di atas mobil sembari memegang erat bendera. Latar hutan dan laut membuat pawai semakin menarik, terlebih lagi kehadiran para komunitas pengendara motor yang turut dalam kegiatan menambah kemeriahan acara.

(Baca juga: Serunya Goyangan Panglima TNI, Kapolri, Gubernur DKI di Malam Panggung Prajurit)

Hampir satu jam berlalu akhirnya iring-iringan tiba di Kota Sabang. Dari sana kirab bendera itu dilanjutkan dengan berlari sejauh 2 kilometer dan berhenti di depan Kantor Wali Kota Sabang. Tak jarang warga yang menyaksikan di sepanjang jalan melambaikan tangan ke rombongan.

Di sana mereka disambut tari-tarian ranup lampuan. Kemudian dari Serda Ririn, bendera diserahkan kepada Wali Kota Sabang Nazaruddin yang didampingi Kapolres Sabang AKBP Syahrul sebelum kembali ke Pelabuhan Balohan Sabang untuk melanjutkan perjalanan laut menuju Pelabuhan Malahayati, Banda Aceh, dengan KRI Halasan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini