Festival Benoyo Salatiga, Cara Menarik Melihat Budaya dari Zaman Dulu

Taufik Budi, Sindo TV · Senin 15 Oktober 2018 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 512 1963987 festival-benoyo-salatiga-cara-menarik-melihat-budaya-dari-zaman-dulu-b3jFDDZm0C.jpeg Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution (Foto: Taufik Budi)

SALATIGA – Ragam budaya dan tradisi di Tanah Air menjadi kekayaan yang patut dilestarikan agar tidak punah. Apalagi, di tengah gempuran budaya Barat yang kian menggeser budaya bangsa hingga mulai ditinggalkan generasi muda.

Untuk itulah MNC Group hadir dalam sebuah acara budaya yakni festival Benoyo di Salatiga Jawa Tengah, pada Sabtu 13 Oktober malam. Beragam kegiatan digelar mulai arak-arakan gunungan buah-buahan hingga pameran hasil bumi warga setempat.

“Ini acara tradisi dan mereka (warga) mengatakan akan dilakukan terus-menerus. Sangat menarik, tadi ada ogoh-ogoh, ada (gunungan) buah-buahan. Itu sangat menarik melihat budaya kita dari zaman dulu,” kata Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution yang hadir di lokasi.

(Baca Juga: Didukung MNC, Senam Massal Emak-Emak di Kendal Berlangsung Seru)

Dia mengatakan, MNC Group berkomitmen menjaga tradisi bangsa agar tidak punah. Dengan beragam media di bawah naungan MNC akan selalu menampilkan beragam kearifan lokal dari seluruh penjuru Nusantara.

“Harapannya budaya seperti ini perlu dilestarikan terus-menerus supaya anak anak cucu kita tahu dulunya seperti apa, sehingga story (cerita) sejarah khususnya di Benoyo Salatiga ini dapat lestari,” tukasnya.

Masyarakat setempat juga terlihat antusias mengikuti seluruh prosesi acara. Mereka tak hanya memadati lokasi acara, tetapi juga di sepanjang rute arak-arakan gunungan. Pucaknya adalah saat ratusan warga berkumpul untuk memperebutkan gunungan buah-buahan setelah diarak.

“Kegiatan ini juga ada kulinernya yakni seluruh makanan tradisional di sini dijajakan. Kemudian ada kerajinan yang dibuat masyarakat sini, ada juga tradisi kirab keliling kampung dan berakhir di sini. Lalu gunungan buah-buahan yang diperebutkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini