nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditembak Mati, 2 Terduga Teroris Sumut Simpan 5 Kotak Bahan Peledak

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 18:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 19 340 1966385 ditembak-mati-2-terduga-teroris-sumut-simpan-5-kotak-bahan-peledak-19qJzFvLP9.jpg Foto Istimewa

MEDAN - Personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Mabes Polri menembak mati dua orang terduga teroris di Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara pada Kamis 18 Oktober 2018 kemarin.

Keduanya merupakan warga Kota Tanjungbalai berinisial AD (23) dan RI (26). Mereka ditembak mati karena mencoba melawan dan melarikan diri saat akan ditangkap. AD tewas dilokasi kejadian dan RI tewas saat dilarikan ke rumah sakit

‎"Tersangka meninggal dunia saat dilakukan penindakan, dua pelaku melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam," ucap Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto di markas Polres Tanjungbalai, Jumat (19/10/2018).

(Baca juga: Lempar Pisau ke Tim Densus 88, 2 Terduga Teroris Ambruk Ditembak)

teroris

Agus menyebutkan dalam penangkapan itu mereka mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya sepucuk senjata api rakitan, satu selongsong peluru sudah diledakan, 20 butir peluru sisa.

"Kita juga mengamankan sebilah senjata tajam berupa pisau dan 5 kontainer (kotak) berisikan bahan peledak," tandasnya.

Penangkapan kedua terdugas teroris itu, kata Agus, berawal dari laporan masyarakat atas kecurigaan aktivitas dua pelaku tersebut. Kemudian dilakukan penindakan hingga menewaskan keduanya.

"Masyarakat yang menemukan dan memberikan petunjuk kepada petugas tentang keberadaan pelaku. Akhirnya, pelaku bisa dilumpuhkan. Karena, melakukan perlawanan," tutur Agus.

 teroris

Selanjutnya, Polisi melakukan penyidikan dengan mengeledah rumah kedua pelaku, tak jauh dari lokasi penembakan terhadap kedua terdugas teroris tersebut di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara.

"Saat dilakukan pengeledahan di rumah pelaku, 3 rompi dan 7 kontainer bahan peledak dan paku serta serbuk-serbuk bahan-bahan untuk peledak. Ini berhasil kita temukan dalam pengebangan kita," tukasnya.

Selanjutnya, kedua jenazah pelaku terduga terorisme itu, ‎akan dibawah dari rumah sakit setempat di Kota Tanjungbalai ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, untuk selanjutnya dilakukan autopsi dan penyidikan untuk mendalami jaringan kedua terduga teroris tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini