Polisi Temukan Ada Unsur Kesengajaan dalam Kasus Pencemaran Air PDAM di Dekat Rumah Jokowi

Bramantyo, Okezone · Sabtu 20 Oktober 2018 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 20 512 1966729 polisi-temukan-ada-unsur-kesengajaan-dalam-kasus-pencemaran-air-pdam-di-dekat-rumah-jokowi-ttN8Tm0W1l.jpg Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Hasil rekonstruksi yang digelar Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Diteskrimsus) Polda Jawa Tengah, menemukan dugaan adannya unsur kesengajaan dalam pencemaran air PDAM.

Direskrimsus Polda Jateng Kombes Moh Hendra Suhartiyono mengatakan, dugaan adannya unsur kesengajaan ini diperkuat dengan barang bukti yang di temukan di kawasan pabrik kimia dekat rumah Presiden Joko Widodo di Solo itu.

(Baca Juga: Air PDAM Dekat Rumah Jokowi di Solo Tiba-Tiba Berwarna Merah Darah)

Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone)	Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone) 

Selain barang bukti, dari keterangan saksi, baik itu masyarakat, petugas kepolisian termasuk juga keterangan PDAM Solo semuanya menguatkan dugaan tersebut. Menurut Hendra, hasil rekonstruksi, diketahui limbah cair yang berasal dari pabrik kimia, diduga sengaja dibuang ke dalam jaringan pipa milik PDAM. Akibatnya, air PDAM menjadi berwarna merah seperti darah.

"Sejauh ini (hasil rekonstruksi) kita melihat memang ada dugaan unsur kesengajaan (pembuangan limbah)," ungkap Hendra kepada media, Sabtu (20/10/2018).

Untuk memperkuat bukti-bukti sebelumnya saat ini pihaknya juga sedang menunggu hasil uji laboratorium dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta (BTKLPPY) terkait air sample air PDAM Solo berwarna merah darah.

"InsyaAllah akan kita cek, mudah-mudahan cepat selesai. Hasilnya (Senin besuk) akan terungkap," jelasnya.

(Baca Juga: Polisi Rekonstruksi Kasus Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi)

Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone)	Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone) 

Pihaknya dengan tegas juga sampaikan selama proses penyidikan berlangsung, pabrik kimia yang berlokasi di di jalan Adi Soemarmo No. 257 RT 001/RW 012 Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, dilarang untuk beroprasi untuk sementara waktu hingga kasusnya selesai.

Menyangkut penutupan pabrik selamanya, Hendra mengatakan, jika hal itu bukan ranah kepolisian. "Penutupan pabrik bukan kewenangan kita, itu merupakan kewenangan dari instansi terkait. Yang jelas kita sudah police line, kalau dia melanggar (operasi lagi) sanksinya akan lebih berat. Bagaimana mau operasi lagi wong jelas salah semuanya," pungakasnya.

Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone) Polda Jateng Gelar Rekonstruksi Pencemaran Air PDAM Berwarna Merah Darah di Dekat Rumah Jokowi (foto: Bramantyo/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini