nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melawan Saat Ditangkap, 4 Begal Ditembak Mati di Tuban

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 24 519 1968234 melawan-saat-ditangkap-4-begal-ditembak-mati-di-tuban-r0Ahic4Aka.jpg Mobil Toyota Vios yang Digunakan Pelaku Begal di Tuban (foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Sebanyak empat begal ditembak mati oleh Tim Marong Satreskrim Polres Tuban, Jawa Timur. Pasalnya keempat begal tersebut melawan ketika hendak ditangkap petugas saat berada di Desa Guwoterus Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Keempat tersangka masing-masing bernama Moch Samsul Huda (31) warga asal Kabupaten Bekasi; Richop Rohim (53) warga asal Kabupaten Bekasi; Karlim (52) warga asal Kabupaten Indramayu; dan Aprilianto (30) warga asal Kabupaten Subang.

Kini jenazah dari keempat begal tersebut berada di kamar jenazah RSUD Dr. Koesma Tuban. Setelah itu akan diserahkan pada keluarga masing-masing untuk dikebumikan.

(Baca Juga: Letuskan Pistol, Begal Berulah di SPBU Serpong) 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menjelaskan, kronologi penangkapan kasus setelah Tim Marong Satreskrim Polres Tuban menerima laporan dari korban, Agus Budianto (32) warga Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Tuban. Di mana truk merk Mitsubishi Colt hilang dicuri saat diparkir depan rumahnya.

"Lalu Tim Marong melakukan pulbaket dari saksi di TKP dan pengecekan CCTV, diperoleh hasil terlihat gambar 1 (satu) truck milik korban diikuti mobil Toyota Vios. Lalu tim mengetahui mobil Toyota Vios itu melintas di Tuban dan dilakukan pengejaran pada Rabu 24 Oktober 2018 dinihari," ungkap Barung, Rabu (24/10/2018).

Senpi Rakitan dalam Penangkapan Begal di Tuban (foto: Syaiful Islam/Okezone)	Senpi Rakitan dalam Penangkapan Begal di Tuban (foto: Syaiful Islam/Okezone) 

Bahkan dilakukan penghadangan, namun mobil tersebut menerobos hadangan petugas. Lalu petugas mengeluarkan tembakan peringatan, tapi tidak diindahkan sehingga petugas melakukan tindakan tegas dengan menembak ban belakang sebelah kiri.

Namun, mendapat tembakan balasan dari para pelaku. Selanjutnya ditembak pada kaca depan dan belakang, sehingga mobil oleng dan menabrak pohon jati. Kemudian tiga orang keluar dari mobil dan langsung menyerang petugas menggunakan sejata tajam, merasa terancam petugas menembak para pelaku hingga tewas di TKP.

(Baca Juga: Tikam Leher Polisi, Kapten Begal Sadis di Makassar Tewas Ditembak) 

"Sedangkan satu pelaku lainnya meninggal di dalam kendaraan. Selain melakukan pencurian di wilayah Tuban, keempat pelaku ini melakukan pencurian di Gresik, Mojokerto, Semarang dan Lampung. Dari tangan para pelaku, polisi menyita barang bukti diantaranya sajam jenis golok dan clurit, air soft gun, dan senjata jenis makarov (pistol) rakitan," tandas Barung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini