nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beruang Madu Terjerat Perangkap Babi Jadi Tontonan Warga

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 10:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 340 1978109 beruang-madu-terjerat-perangkap-babi-jadi-tontonan-warga-fHBVqGKpt1.JPG Beruang Madu terjerat perangkap babi di kampung warga Bengkalis (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU - Seekor beruang liar terjerat perangkap di sebuah kebun milik warga di Kabupaten Bengkalis, Riau. Satwa dilindungi ini terjebak dalam perangkap babi yang memang sengaja dipasang.

"Sebenarnya perangkap itu dibuat warga untuk hama babi, tapi yang kena beruang," ucap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam BBKSDA Riau, Suharyono Kamis (15/11/2018).

Satwa penyuka madu ini terperangkap di Dusun Kenanga, RT 04, Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis. Pihak BBKSDA langsung menuju ke lokasi untuk mengecek dan ternyata ada beruang tersebut memang terjerat di bawah pohon.

Petugas meminta kepada warga untuk tidak menyakiti satwa langka yang sering menjadi sasaran perburuan. Untuk melihat kondisi kesehatan, BBKSDA juga menyiapkan dokter hewan. "Tim berkoordinasi dengan pemerintah desa agar sebelum kita datang, beruang madu tidak dilukai," imbuhnya.

Setelah beruang dinyatakan sehat, tim langsung melakukan penanganan terhadap beruang yang turut disaksikan puluhan warga. Setelah jeratan terlepas, petugas pun melepasliarkan satwa langka tersebut.

"Beruang kita lepasliarkan di salah satu kawasan konservasi. Kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang hadir untuk tidak memasang jerat di sekitar kawasan walaupun di areal perkebunan sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali," pintanya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini