nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Rumah di Situbondo Rusak Diterjang Puting Beliung dan Hujan Es

Antara, Jurnalis · Senin 19 November 2018 05:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 519 1979615 ratusan-rumah-di-situbondo-rusak-diterjang-puting-beliung-dan-hujan-es-02ayJVEA3B.jpg Ilustrasi rumah rusak akibat puting beliung. (CDB Yudistira/Okezone)

SITUBONDO – Ratusan rumah dua desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, porak-poranda diterjang angin puting dan rata-rata kerusakan akibat puting beliung ini sebagian besar merusak atap rumah warga.

"Setelah kami melakukan pendataan di Desa Baderan dan Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang, tercatat sebanyak 270 rumah warga rusak ringan dan 11 rumah di antaranya rusak berat akibat tertimpa pohon," ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Puriyono di Situbondo, Minggu (19/11/2018) malam.

Ia menjelaskan, berdasarkan dari keterangan warga setempat terdampak bencana alam, sebelum angin puting beliung menerjang dua desa itu, sempat terjadi fenomena alam hujan es sekitar 15 menit.

Ilustrasi rumah rusak (Dok Okezone)

Ratusan rumah yang rusak akibat terjangan angin yang berbentuk pusaran itu, katanya, rata-rata rusak pada bagian atap seperti atap genteng, seng dan asbes.

"Kendati demikian, warga desa terdampak bencana puting beliung itu, masyarakat tidak mengungsi dan bertahan tinggal di rumah mereka masing-masing karena sebagian rumah yang rusak ringan bagian atap rumahnya dan warga langsung bergotong-royong memperbaiki rumah mereka.

(Baca Juga : Sekda Pakpak Bharat Jadi Plh Bupati Gantikan Remigo yang Kena OTT KPK)

Puriyono menambahkan, pada Senin (19/11) petugas Pusdal Opas BPBD setempat akan kembali ke lokasi bencana guna membantu masyarakat korban bencana alam puting beliung.

"Selain angin puting beliung merusak rumah warga, juga merusak tigak tempat ibadah (mushala) dan satu madrasah," katanya.

(Baca Juga : Dapat Muhammadiyah Award, JK: Ini untuk Almarhum Ibu)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini