nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eksepsi Lucas Ditolak, Sidang Merintangi Penyidikan Eks Petinggi Lippo Dilanjutkan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 14:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 337 1984536 eksepsi-lucas-ditolak-sidang-merintangi-penyidikan-eks-petinggi-lippo-dilanjutkan-88LyJfzSd1.jpg Persidangan advokat Lucas (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menolak seluruh nota keberatan atau eksepsi yang diajukan oleh terdakwa Lucas. Sidang perkara dugaan merintangi proses penyidikan mantan Lippo Group, Eddy Sindoro untuk terdakwa Lucas akan kembali dilanjutkan pada pekan depan.

‎"Mengadili, menyatakan keberatan atau eksepsi terdakwa tidak dapat diterima. Menyatakan Pengadilan Tipikor berwenang memeriksa mengadili dan memutus perkara," kata Ketua Majelis Hakim Franky Tambuwun saat membacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

(Baca Juga: JPU KPK Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Lucas)

Hakim Franky menyatakan, dakwaan yang disusun Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan dasar Pengadilan Tipikor Jakarta mengadili dan memutus perkara Lucas. Oleh karenanya, Pengadilan Tipikor Jakarta berhak dan berwenang mengadili perkara ini.

"Menyatakan surat dakwaan pada JPU KPK sebagai dasar pemeriksaan dan mengadili terdakwa. Memerintahkan JPU melanjutkan pemeriksaan perkara‎," terangnya.

 Lucas

Dalam perkara ini, Lucas yang merupakan seorang advokat itu didakwa bersama-sama dengan Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Lucas diduga menyarankan Eddy Sindoro selaku tersangka untuk tidak kembali ke Indonesia.

(Baca Juga: Lucas Nilai Jaksa KPK Tak Berwenang Blokir Rekeningnya)

Jaksa KPK juga mendakwa Lucas membantu mengupayakan agar Eddy Sindoro masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan Lucas untuk menghindari tindakan hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Eddy Sindoro.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini