nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hina Jokowi Banci, TKN Dukung Habib Bahar Dilaporkan ke Polisi

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 08:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 337 1984866 hina-jokowi-banci-tkn-dukung-habib-bahar-dilaporkan-ke-polisi-jW2a4tAEHd.jpg Habib Bahar bin Smith. Foto/Ist

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mendukung rencana pihak yang melaporkan Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith, karena dianggap menghina Presiden Joko Widodo dalam ceramahnya.

Habib Bahar dilaporkan Jokowi Mania (Joman) ke Bareskrim Polri pada Kamis 29 November 2018.

Bahar juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketum Cyber Indonesia Muannas Alaidid karena alasan yang sama. Muannas menilai Bahar telah melecehkan Jokowi.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding prihatin ada seorang habib yang tutur katanya kasar dan menghina orang lain, apalagi yang dihina adalah seorang pemimpin negara.

"Habib (Bahar) dalam pemahaman kita memiliki garis keturunan Rasulullah. Tapi habib ini berkata kasar, menghina, berkata-kata yang tak sopan apalagi ditujukan ke pemimpin negara. Itu sangat tidak tepat dan bukan diajarkan agama," ujar Karding saat dihubungi Okezone, Jumat (30/11/2018).

Foto: Okezone/Biro Pers

Menurut Karding seharusnya seorang ulama menyampaikan kalimat-kalimat positif dan baik ke masyarakat. Karding menilai Habib Bahar Smith telah melakukan tiga kesalahan pokok akibat penghinaan yang dialamatkan ke Jokowi sebagai Presiden.

Kesalahan pertama, menurut Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Habib Bahar telah menodai dan menciderai citra serta nama baik keturunan Rasulullah.

"Kok ada keturunan Rasulullah sukanya mencaci, menghina, mengeluarkan kata-kata busuk itu enggak pantas," jelasnya.

Baca: Hina Jokowi dan Buya Maarif di Medsos, Pria Ini Ditangkap Polisi

Baca: Kontroversi Habib Bahar Smith, Ditolak di Manado hingga Dilaporkan ke Polisi

Kesalahan kedua menurut Karding adalah Habib Bahar telah melakukan penghinaan kepada orang lain, apalagi penginaan ini ditujukan kepada presiden yang membuatnya telah melakukan kesalahan yang ketiga.

Foto/Ist

Saking kesalnya, Karding sangat berharap aparat penegak hukum memproses kasus ini dengan tuntas dan segera menangkap Habib Bahar.

"Saya mendorong harus diproses hukum dan harus ditangkap," tegasnya.

Diketahui Habib Bahar bin Smith kembali membuat heboh lantaran isi ceramahnya dianggap telah menghina Presiden Jokowi hingga akhirnya berbuah laporan ke polisi.

Adapun pidato Habib Bahar yang dipersoalkan adalah saat acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 17 November 2018 lalu di kawasan Batu Ceper, Tangerang. Dalam video berdurasi 60 detik itu, Habib Bahar dianggap menghina karena menyebut Jokowi sebagai banci.

“Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu,” ucap Habib Bahar dalam video tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini