nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucas Ragukan Kesaksian Dina Soraya di Sidang Kasus Merintangi Penyidikan Eddy Sindoro

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 22:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 337 1987867 lucas-ragukan-kesaksian-dina-soraya-di-sidang-kasus-merintangi-penyidikan-eddy-sindoro-nnpUJ9vAWe.jpg Terdakwa Lucas. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Terdakwa Lucas meragukan keterangan mantan Coorporate Secretary PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya, saat ‎bersaksi di sidang dugaan merintangi atau menghalangi proses penyidikan yang menyeret mantan petinggi PT Lippo Group, Eddy Sindoro, pada hari ini.

Lucas diwakili pe‎nasihat hukumnya, Aldres Napitupulu, menilai bahwa Dina Soraya tidak konsisten dalam memberikan kesaksian. Aldres mengatakan, keterangan Dina dalam berita acara pemeriksaan (BAP) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berbeda dengan kesaksian di persidangan.

(Baca juga: Dina Soraya Akui Bantu Eks Petinggi Lippo Kabur ke Luar Negeri)

"Dina Soraya ini kami melihat banyak inkonsistensi keterangan dia di BAP dengan di persidangan. Okelah yang dipakai di persidangan, yang di persidangan pun kalau ditanya lebih dari sekali, berubah lagi jawabannya," kata Aldres saat mendampingi Lucas di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Menurut Aldres, banyak keterangan Dina Soraya yang berubah-ubah ketika dicecar pertanyaan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum dari KPK maupun hakim. Aldres juga melihat Dina Soraya banyak lupa saat bersaksi.

"Ditanya ini jawab A, nanti diingatin di BAP saudara jawab B lho, oiya B. Lho kenapa tadi bilang A? Oiya saya lupa. Saya enggak tahu ini orang punya sakit ingatan atau enggak, bentar-bentar lupa," ungkapnya.

Oleh karena itu, tim penasihat hukum akan memastikan kebenaran keterangan Dina Soraya lewat saksi lain yang akan dihadirkan pada persidangan selanjutnya.

"Makanya ini nanti juga akan kami kroscek dengan saksi berikutnya, terutama saksi Bowo. Karena BAP Dina dengan BAP Bowo sudah banyak pertentangannya. Ditambah dengan keterangan Dina di persidangan ini, dengan yang di BAP sudah banyak banget pertentangannya," tegas dia.

(Baca juga: Didakwa Bantu Pelarian Eddy Sindoro, Lucas Sebut Penyidik KPK Khilaf)

Dalam perkara ini, advokat Lucas didakwa bersama-sama Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. Lucas diduga menyarankan Eddy Sindoro, selaku tersangka, untuk tidak kembali ke Indonesia.

Jaksa KPK juga mendakwa Lucas membantu mengupayakan agar Eddy Sindoro masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan Lucas untuk menghindari tindakan hukum KPK terhadap Eddy Sindoro.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini