nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngaku Intel Polda Jabar, Pria Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Fathnur Rohman, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 525 1987827 ngaku-intel-polda-jabar-pria-ini-raup-puluhan-juta-rupiah-7Oj1IkiPdf.jpg Intel Polda Jabar gadungan diciduk polisi (Foto: Fathnur Rohman)

CIREBON - Pria berinisial MK (36) diringkus jajaran Polsek Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Ia diciduk karena menipu hingga meraup puluhan juta rupiah dengan mengaku anggota Intel Polda Jabar.

Kapolsek Lemahwungkuk IPTU Tarsiman mengatakan, pelaku modus penipuannya dengan menjanjikan korban akan dijadikan PNS dan pejabat Pemda. Korbannya lalu diminta membayar sejumlah uang kepada pelaku. Besarannya berbeda-beda, tergantung dari jabatan yang diinginkan.

“Ada yang cuma Rp4 juta saja, ada juga yang sampai ratusan juta. Namun, jabatan tersebut hanyalah janji palsu belaka,” ujar Tarsiman di Mako Polsek Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/12/2018).

Intel gadungan

Tarsiman menambahkan, kepada para korbannya, pelaku yang mengaku sebagai Intel Polda Jabar itu yang tengah ditugaskan di wilayah 3 Cirebon dan sekitarnya. Pelaku bahkan mengaku kenal beberapa pejabat di lingkungan Pemkot Cirebon. Sehingga mengklaim akan sangat mudah jika ia meminta bantuan.

"Ia mengaku sebagai Intel Polda yang sedang ditugaskan di wilayah 3 Cirebon. Sehingga dia mengaku kenal betul dengan pejabat Pemda," katanya.

(Baca Juga: Terlibat Kasus Penipuan, Istri Polisi Ditangkap)

Menurut Tarsiman, awalnya pelaku masih sempat mengaku sebagai Intel Polda, ketika ditemui petugas kepolisian yang berpakaian dinas di Kantor Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Setelah melakukan interogasi, akhirnya si pelaku mengakui bahwa ia hanya seorang intel gadungan.

“Tersangka hanya pengangguran. Dia cuma melihat peluang untuk mendapatkan uang dengan cara penipuan,” ungkapnya.

Jumlah korban dari modus penipuan pelaku terbilang cukup banyak, sejak dua tahun lalu ia sudah memulai aksi penipuannya. Bahkan, ada juga korban yang berasal dari kalangan TNI.

“Atas tindakannya itu, tersangka akan kami kenakan Pasal 378 tentang penipuan, dengan ancaman pidana 4 tahun penjara,” pungkasnya. (Baca Juga: Residivis yang Ngaku Kapolsek Pesanggrahan Pernah Tipu Istri Setnov Rp45 Juta)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini