nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Keseruan Selfie dengan Alat Perang TNI AD di Lapangan Jenderal Soedirman

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 23:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 512 1988314 intip-keseruan-selfie-dengan-alat-perang-tni-ad-di-lapangan-jenderal-soedirman-XhApxkOF7g.JPG Seorang anak antusias berswafoto dengan alutsista didampingi prajurit TNI AD (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG - Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah mendadak jadi objek wisata dadakan. Sehari-harinya, lapangan itu kerap digunakan para prajurit TNI AD untuk berolahraga. Namun, pada Jumat (7/12/2018) pemandangan tak biasa nampak di sana.

Lapangan tersebut tak ubahnya seperti terminal yang dipenuhi alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AD. Ya, berbagai alutsista canggih berjejer rapi memenuhi lapangan hingga menyedot perhatian warga sekitar.

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Arh Zaenudin mengatakan, TNI AD sengaja menggelar pameran alutsista di Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, Ambarawa mulai 7-10 Desember 2018 mendatang. Masyarakat pun bisa menyaksikan secara gratis penampakan alat-alat perang bermesin modern itu dari jarak dekat.

Pameran Alutsista

“Secara resmi tadi pagi sudah dibuka oleh Danrem 073/Mkt Kol Arm Moch. Erwansjah, sehingga mulai saat itu masyarakat bisa melihat dan mengenal lebih dekat tentang persenjataan yang dimiliki TNI AD,” ungkapnya kepada Okezone.

Ia menambahkan, pameran alutsista ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI AD kepada rakyat atas penggunaan anggaran mereka. Pameran alutsista tersebut kata dia, juga sebagai upaya untuk memupuk dan meningkatkan kedekatan prajurit dengan rakyat.

“Silakan masyarakat datang dan saksikan langsung, bahwa apa yang dimiliki TNI AD saat ini adalah juga milik masyarakat, milik semua rakyat Indonesia,” tandas perwira menengah dengan melati tiga di pundaknya.

Pameran Alutsista

Zaenudin menambahkan, alutsista yang dipamerkan di Ambarawa di antaranya Helly Apache yang merupakan helikopter teranyar TNI AD. Ada juga Rudal Starstreak, rudal canggih milik Arhanud yang beberapa waktu lalu sudah diujicoba di Lapangan Tembak Ambal, Kebumen.

Tak ketinggalan alutsista sangar lainnya seperti tank, Panser Anoa, Meriam, Kapal Motor dan berbagai persenjataan dan kendaraan tempur canggih juga terparkir di sana. Tak hanya dilihat, kendaraan tempur itu juga bisa dinaiki sambil berswafoto (selfie) bersama keluarga dan teman-teman.

Pada puncak peringatan Hari Juang Kartika 15 Desember 2018 mendatang, sejumlah atraksi seru akan digelar di antaranya terjun payung, flypass helly dan berbagai atraksi menarik lainnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini