Jokowi Terima Serban Dukungan dari Ulama Se-Madura

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 19 Desember 2018 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 19 605 1993373 jokowi-terima-serban-dukungan-dari-ulama-madura-rAoMKxF04v.jpg Jokowi di acara deklarasi dukungan di Madura. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

BANGKALAN – Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), menerima serban sebagai simbol dukungan dari ulama se-Madura. Pemberian serban itu dilakukan dalam acara deklarasi dukungan di Gedung Rato Ebu, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

"Sudah lahir pasangan calon presiden dan calon wakil presiden cawapres kompeten dari kalangan nasionalis berprestasi dan ulama ekonom terkemuka," ucap para ulama dalam acara deklarasi, di Madura, Rabu (19/12/2018).

(Baca juga: Jokowi: Kemiskinan Mendidik Saya dengan Baik)

Para ulama memastikan telah meminta petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala dalam menentukan arah dukungan politik. Mereka pun mempertimbangkan kepemimpinan nasional harus dipegang teguh pada NKRI dan terbebas dari ideologi pemecah belah.

"Konsep persatuan ini telah dirumuskan sebagai fusi nasionalis-religius," ungkap para ulama.

Para ulama Madura dan Konsorsium Kader Gus Dur pun menyatakan dukungan ke pasangan Jokowi Widodo-Ma'ruf Amin. Ulama Madura kemudian menyematkan serban ke pundak Jokowi.

Sementara itu, kedatangan Jokowi di lokasi deklarasi berlangsung meriah. Capres petahana tersebut awalnya tiba di pendopo di Bangkalan sekira pukul 09.55 WIB, Rabu 19 Desember 2018. Ia tampak mengenakan sarung dan baju koko putih.

(Baca juga: Saat Hidup Miskin, Dalam Hati Jokowi Bilang "Siapa Sudi Dengar Orang Susah Bicara?")

Dia lalu berdiskusi dengan perempuan aktivis Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid. Bersama putri presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid, itu Jokowi kemudian menaiki dokar untuk menuju Gedung Rato Ebu.

Rombongan tampak dikawal anggota Banser dan Paspampres. Kemeriahan terlihat di sana, karena marching band dari Banser tak henti-hentinya menabuh drum. Setelah berjalan sekira 15 menit, rombongan akhirnya tiba di lokasi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini