nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Natal, Pasukan Penjinak Bom Sterilkan 45 Gereja di Yogyakarta

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 23 510 1995054 jelang-natal-pasukan-penjinak-bom-sterilkan-45-gereja-di-yogyakarta-R0UN7DXlcG.jpg Gegana di GWK Wates, Kulonprogo, Yogyakarta (Kuntadi/MNC Media)

KULONPROGO - Sebanyak 45 gereja menjadi target pengamanan oleh Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum perayaan Natal, petugas penjinak bom melakukan sterilisasi gereja mulai Sabtu 23 Desember sampai Senin (24/12/2018), untuk menciptakan rasa aman bagi jemaat yang akan melaksanakan ibadah Natal.

"Sterilisasi ini dilaksanakan di 45 gereja yang tersebar di lima kabupatrn/kota yang ada di DIY," kata Komandan Subden Jibom Den Gegana Polda DIY, AKP Suripto, di sela sterilisasi di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wates, Kulonprogo, Minggu (23/12/3018).

Rinciannya di Kabupaten Sleman ada 20 gereja, Kota Yogyakarta 9 gereja, Bantul ada 6 gereja serta di Kulonprogo dan Gunungkidul masing-masing 5 gereja.

Sterilisasi ini melibatkan delapan orang personil dengan menggunakan berbagai perangkat metal detektor, alat deteksi ranjau, dan beberapa alat lain yang cukup canggih untuk mendeteksi benda- benda berbahaya.

"Harapan kita dengan sterilisasi ini, jemaat akan lebih aman untuk melaksanakan ibadah di gereja dalam natal tahun ini," terangnya.

Selama proses sterilisasi, tim belum menemukan adanya benda- benda berbahaya di gereja maupun di lingkungan gereja. Namun jemaat dan majelis gereja diminta untuk tetap waspada dan meningkatkan rasa aman. Selama perayaan natal kepolisian juga akan mrlakukan backup keamanan.

Majelis Gereja Kristen Jawa, Wates, Suroto, mengaku senang dengan adanya tim jibom yang diterjunkan untuk melakukan sterilusasi gereja, baik di altar, ruang jemaah maupun di sekitar lingkungan gereja. Meski tanpa ada permintaan, namun polisi dan ormas kerap ikut membantu dalam perayaan natal di gereja.

"Kita sangat senang tanpa ada permintaan polisi sudah merespon rutin setiap tahun dengan melakukan sterilisasi sampai pengamanan," tuturnya.

GKJ Wates juga sudah rutin melakukan pengamanan internal gereja dengan melibatkan para jemaat. Dari setiap kring akan saling koordinasi dalam mengenali jemaatnya.

"Kita sudah saling mengenal jemaat, jadi ada koordinasi antar kring," terangnya.

Dalam perayaan natal ini akan ada lima misa yang akan dilaksanakan di GKJ Wates. Setidaknya akan ada 1.700 jemaat yang akan mengikuti kebantian dalam malam natal sampai dengan tahun baru.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini