nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Cipali Lancar saat Arus Balik Gelombang Kedua Libur Tahun Baru

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 21:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 05 337 2000452 tol-cipali-lancar-saat-arus-balik-gelombang-kedua-libur-tahun-baru-s8tmElQDEe.jpg ilustrasi

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri meninjau langsung arus balik gelombang kedua libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang diprediksi terjadi pada hari ini. Pengecekan jalur itu dimulai dari jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Cipali.

Dalam pantauannya, Refdi mengatakan, situasi lalu lintas di Tol Cipali, Jawa Barat, pada Sabtu sore, terpantau lancar di kedua ruas, baik ruas tol yang menuju Cikopo-Palimanan maupun ruas tol menuju Jakarta.

"Pergerakan arus kendaraan ke Jakarta relatif lancar," kata Refdi Andri di Rest Area KM 102 Cipali, Subang, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Refdi, situasi lalu lintas yang terpantau lengang, setidaknya para pengendara dapat memacu kendaraan bermotor dalam kecepatan yang normal. "Kecepatan (kendaraan) kira-kira 80-90 kilometer per jam," ucap Refdi.

 

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri memantau arus lalu lintas di Tol Cipali

Di sisi lain, Refdi mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cikampek ke Jakarta di pintu tol Cikarang Utama pada Sabtu dari pukul 06.00-16.00 WIB sebanyak 30.000 kendaraan.

"Sampai nanti pukul 24.00, diperkirakan jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta mencapai 50 ribu unit. Hingga besok pagi pukul 06.00, diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan," tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Refdi sempat menyapa Rudi Hutapea, salah seorang pemudik yang singgah di Rest Area KM 164 Tol Cipali. Menururnya, kondisi arus mudik dan arus balik pada liburan akhir tahun ini jauh lebih baik dibanding kondisi tahun sebelumnya.

"Sekarang lebih baik, tidak ada antrean kecuali di pintu tol," kata Rudi.

Menurut Rudi, konektivitas jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya membuat perjalanan ia dan keluarganya merasa nyaman bepergian jarak jauh.

"Dengan adanya tol ini, mobilitas semakin cepat. Bepergian dengan rombongan empat mobil bisa nyaman," ucap dia.

Rudi pun meminta kepada Kakorlantas Refdi agar mengantisipasi Tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019 nanti. Pasalnya, masyarakat yang antusias ingin mencoba tol bisa mengakibatkan arus kendaraan membludak.

"(Arus kendaraan mudik) Lebaran harus diantisipasi," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini