ISIS Klaim Bertanggungjawab Atas Serangan di Kementerian Luar Negeri Libya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 26 Desember 2018 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 26 18 1995987 isis-klaim-bertanggungjawab-atas-serangan-di-kementerian-luar-negeri-libya-4Ybq2l8beY.jpg Asap mengepul dari gedung kementerian luar negeri Libya setelah serangan bom bunuh diri, 25 Desember 2018. (Foto: Reuters)

TRIPOLI – Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan di gedung kementerian luar negeri Libya di Tripoli yang menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 10 lainnya pada Selasa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tiga pria bersenjata menyerbu gedung kementerian luar negeri pemerintahan Libya yang diakui internasional pada Selasa pagi. Mereka memulai serangan dengan ledakan bom mobil di depan gedung kementerian sebelum menyerbu masuk dan meledakkan diri, sementara pelaku ketiga tewas dalam baku tembak dengan penjaga keamanan kementerian.

BACA JUGA: Tiga Tewas dalam Serangan di Kementerian Luar Negeri Libya

Diwartakan Reuters, Rabu (26/12/2018), tiga pegawai kementerian tewas dan 10 lainnya mengalami luka-luka akibat serangan tersebut. Di hari yang sama, kelompok militan ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut melalui media propagandanya.

ISIS telah aktif di Libya yang dilanda kekacauan sejak penggulingan Muammar Gaddafi pada 2011. Kelompok teroris itu mengambil kendali atas kota pesisir Sirte pada 2015 sebelum akhirnya berhasil diusir pada akhir 2016 oleh pasukan Libya yang didukung oleh serangan udara Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri Libya, Mohamed Taher Siala mengatakan bahwa kementerian luar negeri menjadi sasaran serangan karena merupakan “simbol kedaulatan”. Dia juga mengungkapkan dukanya atas kematian pegawai kementerian serta menyatakan bahwa dokumen-dokumen penting di sana telah diamankan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini