nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Main HP di Jalan Raya, Driver Ojol: Saya Takut Juga Kecelakaan

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 16:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 05 519 2000311 main-hp-di-jalan-raya-driver-ojol-saya-takut-juga-kecelakaan-aaf3wxGa3x.jpg Ilustrasi Driver Ojek Online (foto: Okezone)

SURABAYA - Maraknya pengendara ojek online (ojol) yang kerap kali melihat handphone (HP) saat berkendara di Kota Surabaya, Jawa Timur mendapat sorotan. Namun para driver ojol berdalih mereka melihat HP hanya sekedar melihat peta tujuan. Itupun tidak sering, hanya pada tujuan tertentu yang tidak tahu.

Sebab secara umum driver ojol sudah hafal ruas jalan di Kota Surabaya. Meskipun terpaksa melihat HP, para ojol memperlambat laju kendaraannya supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

(Baca Juga: Tak Bisa Lepas dari GPS, Driver Ojol Tetap Harus Perhatikan Hal Ini) 

Infografis Kontroversi Penggunaan GPS Ojek Online (foto: Okezone)

"Sebenarnya kami sudah hafal jalan di Surabaya mas, jadi kita jarang melihat HP saat berkendara," terang salah seorang driver ojol, Didik kepada Okezone.

Menurut Didik, dirinya melihat HP hanya sesekali ketika tidak tahu daerah tujuan. Namun walaupun melihat HP, dirinya mengaku memperlambat laju kendaraannya. Bahkan terkadang menghentikan laju kendaraannya di tepi jalan. Hal itu dilakulan demi keselamatan supaya tidak terjadi kecelakaan.

"Saya takut juga dengan kecelakaan, sehingga kalau berkendaraa saat bekerja harus hati-hati. Selain untuk keselamatan saya sendiri, juga demi keselamatan penumpang dan pengendara lain," paparnya.

Ia menambahkan, dirinya memang sering ngetem di depan mal yang ada di Surabaya. Itu dilakukan untuk menunggu penumpang atau sekedar mengambil atau mengantar penumpang ke sana. Sebab, banyak penumpang tujuan atau dari mal.

"Selain ke perkantoran dan sekolah, sebagian besar penumpang kami tujuan atau dari mall. Banyak masyarakat yang pergi maupun pulang dari mal naik ojek online," tandasnya.

 

Sementara itu, salah seorang warga Surabaya yang sering naik ojek online, Badriyah Imamah, mengaku sebenarnya dirinya was-was terhadap pengendara ojek online saat berkendara yang melihat HP terus. Sebab itu akan mengganggu konsentrasi saat berkendara.

(Baca Juga: Pengamat: Polisi Jangan Pandang Bulu Tindak Ojol Nakal) 

Jika terus menerus melihat HP, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan. Sehingga tak jarang dirinya menegur driver ojol yang melihat HP saat berkendara, supaya tidak melihat HP demi keselamatan bersama.

"Saya tegur pengendara ojek itu jangan bermain HP, kalau tidak tahu rutenya biar saya tunjukkan. Karena kalau lihat HP terus berpotensi kecelakaan. Saya meminta pada pengendara ojek online jangan melihat HP terus saat berkendara agar selamat semua," papar Badriyah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini