nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Massa Rompi Kuning Kembali Demonstrasi, Picu Kerusuhan di Sejumlah Wilayah Prancis

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 06 Januari 2019 05:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 06 18 2000531 massa-rompi-kuning-kembali-demonstrasi-picu-kerusuhan-di-sejumlah-wilayah-prancis-xTWalzEmfF.jpg Massa rompi kuning Prancis. Foto/Reuters

PARIS – Puluhan ribu massa anti-pemerintah “rompi kuning” kembali berdemontrasi, memicu kerusuhan di sejumlah wilayah Prancis, Sabtu waktu setempat.

Laporan CNN, Minggu (6/1/2018) mengutip pernyataan Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner, kerusuhan terjadi di Paris, Bordeaux dan Marseille dengan jumlah massa mencapai 50.000 orang.

Di Paris, 3.500 orang berpartisipasi dalam aksi demonstrasi tersebut. Angka itu jauh lebih tinggi dari 800 orang yang turun ke jalan minggu lalu, kata polisi. Setidaknya 34 orang diamankan untuk diinterogasi.

Benjamin Griveaux, juru bicara pemerintah, membenarkan bahwa ia dan timnya harus evakuasi dari Paris setelah sejumlah demonstran masuk ke halaman kantornya.

Kerusuhan dilaporkan juga terjadi di Montpellier dan Troyes, di mana para demonstran. Beberapa orang juga berusaha masuk ke Gedung Pengadilan. Kekerasan juga dilaporkan di Beauvais, kata pihak berwenang.

Gerakan rompi kuning muncul pada bulan Oktober dan berubah menjadi krisis terburuk selama masa jabatan Macron, dengan demonstrasi yang melibatkan puluhan ribu orang, pemblokiran jalan di seluruh Prancis.

Macron berusaha meredakan krisis pada pertengahan Desember dengan mengumumkan paket langkah-langkah untuk membantu pensiunan dan pekerja bergaji rendah sebesar USD11.4 miliar (sekira Rp 165 triliun).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini