nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Basarnas Hentikan Pencarian Pendaki asal Magelang yang Hilang di Gunung Lawu

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 01:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 09 512 2001782 basarnas-hentikan-pencarian-pendaki-asal-magelang-yang-hilang-di-gunung-lawu-RWaBn0VKmm.JPG Pencarian terhadap pendaki hilang di Gunung Lawu resmi dihentikan (Foto: Bramantyo/Okezone)

KARANGANYAR - Proses pencarian terhadap pendaki Gunung Lawu yang hilang, Alvi Kurniawan (20), warga Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akhirnya resmi dihentikan.

Humas Basarnas Pos Surakarta, Yohan Tri Anggoro mengatakan, penghentian proses pencarian yang resmi dilakukan pada Selasa 8 Januari 2019 ini dilakukan setelah tim evakuasi gabungan melakukan penyisiran jejak Alvi, mulai dari pos pendakian awal Pos Candi Cetho hingga puncak Gunung Lawu, selama tujuh hari pencarian. Termasuk jalur turun dari puncak Gunung Lawu, tak luput dari penyisiran.

"Proses pencarian terhadap Alvi pendaki asal Magelang yang dikabarkan hilang sudah dilakukan sejak Rabu 2 Januari 2019 (awal dilaporkan hilang) saat hendak turun dari warung Mbok Yem di Pos V menuju Pasar Dieng di Pos IV)," papar Yohan kepada Okezone, Selasa (8/1/2019).

Menurut Yohan, pencarian terhadap Alvi di Gunung Lawu ini melibatkan kurang lebih 250 personel gabungan yang berasal dari semua instansi termasuk potensi (relawan dari berbagai SAR dan pencinta alam).

"Selama tujuh hari pencarian berbagai upaya pencarian dan penyisiran sudah dilakukan. Mulai dari survivor (pendaki Alvi) terakhir terlihat sampai ke berbagai titik yang di curigai dan diyakini dilewati atau dituju oleh survivor seperti seputaran puncak, Pasar Dieng, Kamanditan, Kayangan, Huargopuroso, Sendang Kamulayan, Puncak Tiling, Sendang Macan, Gupak Menjangan, Mbok Yem tak luput dari pencarian," paparnya.

Pendaki Hilang di Gunung Lawu

Pencarian gabungan juga memperluas pencarian hingga ke wilayah Jawa Timur, mulai dari sisi selatan antara arah Jogorogo (Ngawi), Onde Rante, Kusuma, Sendang Drajat, Bulak Peperangan,hutan lumut dan juga jalur-jalur pendakian maupun non pendakian juga tak luput dari penyisiran.

"Namun meski semua wilayah di Gunung Lawu sudah dilakukan penyisiran oleh tim evakuasi, hasilnya survivor atas nama Alvi Kurniawan tidak juga ditemukan. Segala upaya sudah dilakukan tapi hasilnya nihil tanpa ada titik terang. Sehingga sekira pukul 20.15 WIB, penyisiran resmi dihentikan dan ditutup. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemantauan," sebutnya.

Sebelumnya, pendaki asal Magelang dikabarkan tersesat saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu. Sebelum menghilang, pendaki bernama Alvi Kurniawan itu naik ke puncak Gunung Lawu bersama keenam temannya. Para pendaki itu yakni Wahyu Candra, Supriyanto, Janik Khairul Anam, Irma Anjarwati, Ramadhan Fitria.

Saat berada di perbatasan Sabana, rombongan ini pun bertemu dengan pendaki perempuan yang berasal dari Wonosobo. Saat bertemu, pendaki perempuan ini menantang rombongan Alvi balapan naik ke puncak. Dan saat itu hanya Alvi yang menerima tantangan itu dan keduanya pun adu cepat hingga ke puncak sebelum akhirnya Alvi dikabarkan menghilang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini