nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagus Bawana Putra Ditangkap, PPP: Hoaks Surat Suara Terencana

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 06:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 11 337 2002872 bagus-bawana-putra-ditangkap-ppp-hoaks-surat-suara-terencana-o7izeLHDp2.jpg Bagus Bawana Putra Tersangka Hoaks Surat Suara Sudah Dicoblos (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Bareskrim Polri telah menangkap tersangka pembuat berita bohong atau hoaks mengenai adanya tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu yang sudah dicoblos, Bagus Bawana Putra (BBP).

Dengan adanya penangkapan itu, Wasekjen PPP Achmad Baidowi menilai, informasi sesat itu diduga kuat memang sudah terencana. Apalagi, Bagus Bawana Putra disinyalir merupakan salah satu relawan dari Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02.

(Baca Juga: Fakta-Fakta Menghebohkan Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos) 

Ini Dia Tersangka Kasus Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

"Dugaan ke sana tidak bisa dihindari (terstruktur dan terencana) karena pelakunya menjadi timses ataupun relawan salah satu paslon,"ucap Awiek sapaan akrabnya kepada Okezone, Jumat (11/1/2019).

Menurut Awiek, adanya hal tersebut juga telah bertujuan menyerang ke berbagai lini, mulai dari lawan politiknya hingga penyelenggara Pemilu. Mengingat, kasus itu merugikan semua pemangku kepentingan.

"Maka kalau kemudian ada dugaan bahwa massif-nya hoaks untuk upaya mendelegitimasi penyelenggara pemilu. Sehingga hoaks merembet ke hal yang sifatnya pribadi," tutur Awiek.

(Baca Juga: Polri Diminta Ungkap Aktor Intelektual Hoax Surat Suara) 

Polisi sebelumnya menyebut rekaman suara yang beredar terkait informasi hoaks surat suara tercoblos sangat identik dengan suara Bagus Bawana.

"Dengan menggunakan algortima Gaussian Mixture Model (GMM) ini barang bukti kita lakukan uji (dengan suara pembanding) dan dari hasil uji itu kita mendapatkan empat rekaman suara barang bukti itu identik dengan suara atas nama tersangks BBP," kata penyidik sekaligus ahli informasi teknologi dari Puslabfor Polri, Kombes M Nuh.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini