nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Boeing 707 Militer Iran Jatuh, Sedikitnya Tujuh Korban Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 15:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 18 2004227 pesawat-boeing-737-militer-iran-jatuh-sedikitnya-tujuh-korban-tewas-4oiYuOsUGj.jpg Boeing 707. (Foto: Reuters)

TEHERAN - Sebuah pesawat kargo Boeing 707 milik angkatan udara Iran dengan 10 penumpang jatuh di Iran di tengah cuaca buruk. Angkatan udara Iran mengonfirmasi pesawat tersebut jatuh di bandara Karaj, sebelah barat Teheran.

Kantor Berita Fars yang dilansir RT, Senin (14/1/2019) melaporkan, pesawat itu berangkat dari Bishkek, Kirgiztan, membawa kargo dan 16 orang. Pesawat itu akan mendarat di Bandara Payam Karaj tetapi pilot mengira bandara itu adalah lapangan terbang Fath yang berdekatan, yang tidak cocok untuk pendaratan dan pelayanan pesawat kargo.

Akibatnya, pilot kehilangan kendali atas pesawat, kehabisan landasan pacu, dan menabrak dinding yang memisahkan lapangan terbang dari daerah perumahan yang bersebelahan. Militer Iran kemudian mengkonfirmasi pihaknya bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat itu.

Media lokal mengungkapkan lebih banyak rincian kecelakaan itu, dengan mengatakan kecelakaan itu terjadi setelah kru pesawat berusaha mendarat di bandara yang salah.

Seiring dengan berlangsungnya upaya pencarian dan penyelamatan, sejauh ini telah ditemukan jasad dari tujuh korban di lokasi kecelakaan. Otoritas darurat Iran mengatakan pesawat itu menghantam daerah pemukiman di dekat Safadasht, sebuah kota kecil di Provinsi Teheran.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini