nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Boeing 707 Militer Iran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 19:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 14 18 2004374 15-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat-boeing-707-militer-iran-Qn1GOY2lUd.jpg Foto: AFP.

TEHERAN – Jumlah korban tewas dalam kecelakaan pesawat kargo Boeing 707 milik angkatan udara Iran yang terjadi pada Senin, 14 Januari telah bertambah menjadi 15 orang. Hanya teknisi penerbangan pesawat itu yang berhasil ditemukan dan telah dilarikan ke rumah sakit.

“Sebuah pesawat kargo Boeing 707 yang membawa daging dari Bishkek di Kirgiztan melakukan pendaratan darurat di Bandara Fath hari ini ... insinyur penerbangan telah dikirim ke rumah sakit, " demikian dikonfirmasi angkatan udara Iran sebagaimana dilansir RT, Senin (14/1/2019).

BACA JUGA: Pesawat Boeing 707 Militer Iran Jatuh, Sedikitnya Tujuh Korban Tewas

Kotak hitam pesawat - sebuah perekam suara kokpit (CVR) - telah ditemukan di lokasi kecelakaan.

Seorang juru bicara militer, Shahin Taghikhani, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa pesawat itu milik Iran dan semua yang berada di pesawat itu adalah warga negara Iran. Pernyataan dari militer itu muncul setelah laporan yang saling bertentangan mengenai siapa yang memiliki pesawat itu.

Diberitakan sebelumnya, pesawat tersebut jatuh karena pilot salah mengira lapangan udara Fath yang lebih kecil sebagai Bandara Payam Karaj yang dapat menerima pendaratan Boeing 707. Akibatnya, pilot kehilangan kendali atas pesawat, kehabisan landasan pacu, dan menabrak dinding yang memisahkan lapangan terbang dari daerah perumahan yang bersebelahan. Pesawat itu hancur berantakan dan terbakar.

"Pesawat itu keluar dari landasan selama pendaratan dan terbakar setelah menabrak dinding di ujung landasan."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini