nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berseberangan dengan Demokrat, Wali Kota Cirebon Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Fathnur Rohman, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 00:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 20 525 2006804 berseberangan-dengan-demokrat-wali-kota-cirebon-dukung-jokowi-ma-ruf-amin-uKFzjKJxKp.jpg

CIREBON - Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis secara mengejutkan menyatakan sikap untuk mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Hal itu tentunya sangat berbeda dengan sikap partainya, yakni Demokrat yang secara tegas mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dukungan tersebut diumamkan Azis, di Hotel Verse, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (19/1/2019). Dirinya secara tegas mengatakan, jika keputusan untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 itu murni inisiatif pribadi, tanpa mengatasnamakan diri sebagai seorang kepala daerah.

"Begini teman-teman, setiap manusia itu memiliki hak, utamanya hak pribadi. Saya berbicara di sini sebagai Nasrudin Azis, yang juga salah satu warga negara Indonesia, bukan Kepala Daerah, jadi saya menentukan pilihan mendukung Jokowi atas nama pribadi saya," kata Azis, saat ditemui Okezone, Sabtu (19/1/2019).

Azis mengaku, bahwa ia ingin memisahkan antara tugasnya sebagai Wali Kota Cirebon dengan keputusan pribadinya itu. Ia juga tidak menampik jika keputusan yang ia ambil akan memiliki risiko. Namun ia percaya, sebagai warga negara Indonesia, teman-temannya di Partai Demokrat atau yang berbeda pilihan akan bisa memahami sikapnya.

"Tentunya, semua pilihan akan mengandung risiko. Jadi Insya Allah, sebagai sesama warga negara Indonesia, teman-teman saya di satu partai atau yang berbeda pilihan, pasti bisa menghargai sikap saya untuk mendukung Jokowi-Amin," ucap dia.

Azis sendiri kedepannya akan mencoba memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan caranya sendiri, tanpa membawa embel-embel sebagai Wali Kota Cirebon.

"Saya tidak bergabung dengan tim kampanye daerah, tapi saya akan memenangkan Jokowi-Ma'aruf Amin untuk memimpin satu periode lagi, menurut keyakinan saya," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin, Saan Mustopa, sangat menyambut baik keputusan pribadi Azis untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Dengan begitu, maka peluang pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 bisa meraup suara banyak di Kota Cirebon.

"Dengan adanya dukungan dari Pak Azis, kami optimis, jika pak Jokowi tak hanya menang secara signifikan di Kota Cirebon, tapi bisa menang di Jawa Barat," ujar dia.

Ia menambahkan, apabila pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 bisa menang di Jawa Barat, otomatis hal itu bisa mempengaruhi hasil perolehan suara Nasional.

"Jika Pak Jokowi bisa menang di Jawa Barat, maka akan sangat berpengaruh dengan perolehan suara nasional nanti. Dengan adanya Pak Azis, diharapkan mampu menjadi suport moral bagi para pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini