nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Nenek Aminah, Hilang di Hutan hingga Bertahan Hidup Makan Pucuk Rotan

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 12:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 30 340 2011327 kisah-nenek-aminah-hilang-di-hutan-hingga-bertahan-hidup-makan-pucuk-rotan-wEXhOFA8I0.jpg Nenek Aminah Ditemukan Usai Menghilang dari Rumah Selama Beberapa Hari (foto: Ade Putra/Okezone)

SUNGAI RAYA - Proses pencarian terhadap Aminah oleh tim SAR gabungan membuahkan hasil. Nenek berusia 56 tahun ini berhasil ditemukan dengan selamat di pinggir sungai sekitar 4,62 kilometer dari lokasi hilang.

Sebagaimana diketahui, warga Desa Pulau Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar ini dikabarkan hilang dari rumahnya sejak Sabtu 24 Januari 2019.

(Baca Juga: Hilang Hampir Setahun, Nenek Titing Ditemukan di Dalam Hutan Tinggal Tengkorak) 

Setelah dicari dan belum ketemu, pada Selasa 29 Januari 2019 kemarin pihak keluarga menghubungi Kantor SAR Pontianak untuk meminta bantuan mencari nenek Aminah yang hilang di hutan. Satu tim rescue pun diterjunkan untuk bergabung dengan potensi SAR yang ada, petugas dari Pos Pol Desa Pulau Limbung, Babinsa Pulau Limbung, perangkat desa dan masyarakat.

"Alhamdullilah Nenek Aminah berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat. Kerja keras tim SAR gabungan akhirnya membuahkan hasil yang manis," ucap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pontianak, Hery Marantika, Rabu (30/1/2019).

 

Ia menerangkan, selama dalam pencarian ini tim gabungan menggunakan metode tracking paralel. Dengan radius 500 meter dan luas area 700.000 meter persegi. Pada hari kedua ini, kata Hery, sejak pukul 06.00 WIB, tim SAR gabungan melakukan penyisiran di hutan lokasi Aminah dilaporkan hilang.

Setelah melakukan penyisiran selama 1,5 jam, tim SAR gabungan berhasil menemukan Aminah dalam keadaan selamat. "Nenek Aminah ini kemudian dievakuasi ke rumah beliau untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan medis awal oleh anggota kami," ujarnya.

Setelah dipastikan tidak terjadi keadaan yang membahayakan, Aminah diserahkan kepada pihak keluarga dan operasi SAR ini ditutup atau dinyatakan selesai. "Tidak lupa juga kami berterimakasih kepada semua unsur dan kalangan masyarakat yang telah melakukan pencarian ini hingga selesai. Diharapkan kerja sama seperti ini dapat terus ditingkatkan," ucapnya.

(Baca Juga: Sempat Tersesat di Hutan Gunung Lawu, Guru SD Ini Ditemukan dalam Kondisi Lemas) 

Dari informasi saksi Indra, warga Dusun Tabau Makmur, Desa Pulau Limbung, diketahui bahwa Aminah ini awalnya pergi dari rumah untuk mencari rotan di hutan. Karena tak bisa pulang dan tersesat, akhirnya Aminah menunggu bantuan datang.

Salam menunggu bantuan itu, Aminah bertahan hidup dengan memakan pucuk-pucuk rotan yang ada. Kini, Aminah sudah kumpul bersama keluarganya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini