nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beijing Minta Amerika Terima Kemajuan Teknologi China

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 05:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 18 2012236 beijing-minta-amerika-terima-kemajuan-teknologi-china-291yb0zt7w.jpg Juru Bicara Kemenlu China, Geng Shuang (Foto: AP)

BEIJING - Pemerintah China mendesak Amerika Serikat (AS) legowo menerima perkembangan industrinya. Pernyataan itu dilontarkan pasca-pejabat intelijen negeri Paman Sam menuduh Beijing mencuri atau menjiplak teknologi asing.

"Tuduhan (AS) itu benar-benar tidak masuk akal. Kami berharap Amerika Serikat mengakui kemajuan ilmiah dan teknologi negara-negara lain dengan sikap terbuka dan inklusif,'' ujar Juru Bicara Kemenlu China, Geng Shuang, sebagaimana dilansir Okezone dari VOA Indonesia, Jumat (1/2/2019).

Sebelumnya, sejumlah pejabat intelijen AS pada Rabu 30 Januari 2019 lalu berujar kepada kongres bahwa China merupakan ancaman perdagangan dan militer terbesar bagi mereka. Sebuah laporan terpisah pekan ini mengatakan, China akan mencuri atau menjiplak teknologi jika tidak bisa membuat sendiri.

Perunding China dan Amerika kini sedang melakukan pembicaraan di Washington untuk mengakhiri perang tarif mengenai ambisi-ambisi teknologi China. Perusahaan teknologi terbesar China, Huawei pada Senin lalu juga telah dituntut atas tuduhan-tuduhan AS, termasuk soal pencurian teknologi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini