nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Vihara Samudra Bhakti Bandung Berhasil Dipadamkan

Antara, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 15:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 05 525 2014001 kebakaran-vihara-samudra-bhakti-bandung-berhasil-dipadamkan-lPnx5Y5vmj.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BANDUNG - Kebakaran di Vihara Samudra Bhakti, Jalan Kelenteng Kelurahan Ciroyom, Kota Bandung, Jawa Barat, berhasil dipadamkan. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung hanya tinggal melakukan pendinginan.

"Kita saat ini sedang melakukan proses pendinginan. Sudah dipastikan api padam. Pukul 13.00 WIB tadi api berhasil kita padamkan," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Ferdi Ligaswara di lokasi kejadian seperti dikutip dari Antaranews.com, Selasa (5/2/2019).

(Baca Juga: Vihara Samudra Bakti Bandung Terbakar, Api Diduga Berasal dari Lilin

Dia mengatakan, untuk memadamkan api, petugas dibagi tiga tim yang terdiri dari tim memadamkan api secepat-cepatnya, kemudian tim kedua bertugas melakukan isolasi agar api tidak merambat ke tempat lain.

"Dan tim yang ketiga ialah tim evakuasi yakni mengevakuasi orang-orang, hewan dan dokumen-dokumen di lokasi kebakaran," katanya.

Vihara terbakar 

Fredi mengatakan, kobaran api di dalam vihara cepat menyebar karena obyek yang terbakar mengandung bahan kimia dan sesuatu yang mudah terbakar, sehingga merambat pada bangunan-bangunan sekitarnya.

Selain itu, untuk memadamkan si jago merah di vihara tersebut, kata Fredi, pihaknya mengerahkan belasan mobil unit damkar yang terdiri dari mobil tangki air dan mobil pancar.

(Baca Juga: Vihara Samudra Bakti Bandung Terbakar saat Umat Tengah Beribadah

Sementara itu, salah seorang saksi mata yang hendak beribadah di Vihara Samudra Bhakti, Himawan mengaku kaget karena saat sedang beribadah kobaran api terlihat di dalam vihara.

"Iya, tadi kami lagi sembahyang, tapi tiba-tiba ada api dan asap dari belakang. Kami langsung keluar panik. Saya lihatnya api dari gudang penyimpanan lilin sumbangan yang besar-besar itu. Di sana tempat bakar lilin," kata Himawan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini